'/> Struktur Kulit

Info Populer 2022

Struktur Kulit

Struktur Kulit
Struktur Kulit

Struktur Kulit – Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id telah membahas materi tentang Bagian Mata Maka dipertemuan kali ini ContohSoal.co.id akan membahas materi wacana struktur kulit mulai dari pengertian, Penjelasan, Gambar dan Bagiannya. Nah untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini


Pengertian Kulit


id akan membahas materi wacana struktur kulit mulai dari pengertian Struktur Kulit


Kulit Ialah merupakan sebuah organ paling luar dari anatomi tubuh manusia. jikalau di total berat kulit insan sampai 7 % dari total berat tubuh manusia.


Pada belahan muka terdapat pori-pori atau rongga yang menjadi susukan keluar cairan tubuh yang biasa kita sebut dengan keringat. fungsi dari kulit sangatlah banyak diantaranya adalah sebagai pelindung bagi tubuh insan dari hal yang sanggup membahayakan tubuh manusia,alat indra peraba, alat yang mempunyai tugas dalam proses ekresi, pengatur keadaan suhu tubuh, dan lain-lain.


Secara Umum ada dua lapis kulit yakni Kulit ari atau kata lain epidermis dan kulit jangat nama lain Dermis ada juga lapisan lemak di bawah kulit Hipodermis yang banyak dibahas.


Fungsi Kulit


Kulit mempunyai banyak sekali fungsi yakni sebagai berikut :



  • Pelindung atau proteksi

  • Penerima rangsang

  • Pengatur panas atau thermoregulasi

  • Pengeluaran (ekskresi)

  • Penyimpanan.

  • Penyerapan terbatas

  • Penunjang penampilan


Struktur Bagian Lapisan Kulit


Lapisan kulit Terbagi menjadi 3 yakni sebagai berikut:


Kulit Ari ( Lapisan Epidermis )


id akan membahas materi wacana struktur kulit mulai dari pengertian Struktur Kulit


 


Pada jenis kulit ari atau disebut juga dengan lapisan epidermis adalah merupakan sebuah belahan terluar yang sangat tipis pada kulit. Adapun fungsi dari kulit ari atau epidermis ini yakni untuk melindungi tubuh dari banyak sekali zat kimia yang ada di luar tubuh, melindungi tubuh dari sinar UV (ultra violet) dan melindungi tubuh dari bakteri.


Pada lapisan Epidermis terdiri atas 2 lapis yakni Tanduk (Stratum Kormeum) dan Malpighi.


Lapisan Tanduk (Stratum Kormeum)


Lapisan Tanduk (Stratum Kormeum) adalah merupakan sebuah lapisan epidermis yang paling luar dan merupakan lapisan mati yang gampang mengelupas, tidak mempunyai inti dan mengandung zat keratin.


Lapisan tanduk akan selalu barum jikalau lapisan tanduk mengelupas tidak akan terasa sakit dan berdarah lantaran pada lapisan ini tidak terdapat pembuluh darah dan saraf.


Ciri-ciri lapisan tanduk :



  • Lapisan terluar yang tersusun dari sel-sel mati

  • Mudah mengelupas

  • Tidak mempunyai pembuluh darah dan saraf


Lapisan Malpighi


Apa yang dimkasud dengan Malpighi? adalah merupakan sebuah lapisan epidermis yang berada dibagian bawah lapisan kulit tanduk. Susunan dari lapisan ini yakni dari sel-sel hidup dan selalu membelah diri.


Pembuluh Kapiler yang berada pada lapisan ini yang berkhasiat yakni sebagai penyampaian nutrisi. Adapun Sel hidup yang berada pada ini yakni mengandung Melanin.


Apa yang dimaksud dengan melanin? yakni merupakan suatu pigmen yang mewarnai kulit dan melindungi sel kulit dari kerusakan tanggapan sinar matahari.


Apabila terlalu berlebihan dalam mendapat sinar matahari maka produksi melanin akan bertambah sehingga warna kulit akan semakin gelap. Selain melanin adapula pigmen keratin.


Apabila keratin bergabung dengan melanin maka kulit akan tampak kekuningan dan apabila tidak mempunyai pigmen kulit maka orang yang mengalaminya disebut dengan albino.


Ciri-ciri Lapisan Malpighi :



  • Tersusun dari sel-sel hidup

  • Terdapat ujung saraf

  • Ada sebuah pigmen yang berkhasiat untuk menunjukkan warna kulit dan melindunginya dari sinar matahari.


Terdapat sebuah pori-pori di permukaan lapisan epidermis yang mana menjadi kawasan kelenjar minyak dan kawasan rambut tumbuh,namun ada lapisan epidermis yang tidak ditumbuhi rambut yakni pada telapak tangan dan kaki.


a.Stratum Korneum


Apa itu Stratum korneum? adalah merupakan sebuah Lapisan kulit yang paling luar. yang mana pada Lapisan ini merupakan sebuah lapisn yang paling tebal dan terdapat pada telapak kaki dan yang paling tipis terdapat pada dahi, pipi dan pelupuk mata.


b. Stratum Granulosum


Pada lapisan ini terdapat dua atau empat lapisan sel yang disatukan oleh desmodom. Yang mana dalam sel tersebut mengandung granula keratohialin yang kuat dalam pembentukan keratin pada lapisan atas epidermis.


c. Stratum Lusidum


Kemudian pada jenis lapisan ini yang mana ia terdapat 2-3 lapisan sel yang tidak mempunyai inti. Dan pada lapisan yang tebal terdapat pada telapak tangan dan tumit kaki.


d. Stratum Germinalis


Lapisan sel ini mengandung satu lapisan sel piral yang aktif membelah diri secara mitosis untuk menghasilkan sel-sel yang berpindah ke dalam lapisan-lapisan atas epidermis dan kesannya ke permukaan kulit.


Kulit Jangat (Lapisan Dermis)


Kulit jangat adalah merupakan sebuah lapisan kedua yang ada pada kulit. Yang mana antara lapisan dermis dan epidermis dibatasi oleh membran basalis.


Lapisan dermis lebih tebal dibanding dengan lapisan epidermis. Lapisan dermis mempunyai serabut elastik yang memungkinkan kulit merenggang ketika seseorang bertambah gemuk dan kulit sanggup bergelambir ketika seseorang kurus. Berikut beberapa jenis lapisan yang ada pada Dermis:



  • Pembuluh Kapiler

  • Kelenjar Keringat (glandula sudorifera)

  • Kelenjar Minyak (grandula sebaceae)

  • Kelenjar Rambut

  • Kumpulan saraf rasa nyeri, saraf panas, saraf rasa cuek dan saraf sentuhan.


Jaringan Ikat Bawah Kulit (Lapisan Hipodermis)


Jaringan Ikat Bawah Kulit


Pada belahan Lapisan jaringan ikat bawah kulit ini kerap disebut sebagai lapisan lemak bawah atau subkutis. Sesuai namanya, pada lapisan ini terdapat banyak lemak.


Adapun fungsi dari lemak tersebut yakni untuk melindungi dari benturan benda keras, sebagai penjaga suhu tubuh lantaran lemak sanggup menyimpan panas, dan sebagai sumber energi cadangan. Selain itu terdapat pembuluh darah yang mempunyai fungsi sebagai kawasan peredaran darah.



  • Jaringan lemak: menghasilkan minyak/sebum untuk kelembaban kulit.

  • Pembuluh darah: kawasan peredaran darah.


Gangguan Pada Kulit


Agar sanggup merawat kuli ada sebuah perjuangan yang sangat gampang yakni dengan mandi secara teratur dengan menggunakan sabun yang wangi. Sehingga kondisi kulit senantiasa bersih.


Sebab pada ketika kulit dalam keadaan kotor maka sanggup menjadikan beberapa gangguan yang sanggup dialami kulit. Berikut ini adalah beberapa daftar gangguan pada kulit.



  • Jerawat: tersumbatnya pori-pori kulit oleh kotoran.

  • Dermatitis: peradangan pada kulit dan ditandai dengan kulit membengkak, memererah, dan gatal.

  • Panu, kadas, dan kurap: penyakit gatal padad kulit yang disebabkan oleh jamur.

  • Makula: perubahan warna kulit yang tegas dan datar tanpa ada cekungan atau benjolan.

  • Asbes: kumpulan nanah lantaran adanya proses infeksi oleh basil atau parasit.


 


 


 


Demikianlah materi pembahasan kali ini wacana struktur kulit, agar artikel ini sanggup bermanfaat bagi teman semua.


Artikel LAinnya :




Advertisement

Iklan Sidebar