'/> Struktur Daun

Info Populer 2022

Struktur Daun

Struktur Daun
Struktur Daun

Struktur Daun – Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id telahb membahas materi tentang Struktur Akar Maka diperetemuan kali ini ContohSoal.co.id juga akan pertanda materi ihwal struktur dau beserta pengertian, penjelasan, jenis, potongan dan fungsinya.Nah untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.


Pengertian Daun


id juga akan pertanda materi ihwal struktur dau beserta pengertian Struktur Daun


Secara umum daun mempunyai warna hijau lantaran mengandung suatu zat hijau daun atau klorofil, Daun merupakan salah satu potongan dari organ flora yang tumbuh dari ranting.


Pada warna hijau pada daun itu memiliki fungsi utama yakni untuk penangkap sebuah energi dari suatu cahaya matahari untuk proses fotosintesis.


Daun juga ialah merupakan suatu organ yang sangat penting bagi sebuah flora dalam kelangsungan hidupnya alasannya flora juga merupakan suatu organisme autotrof obligat yang harus memasok suatu kebutuhan energinya sendiri melalui sebuah konversi cahaya matahari menjadi energi kimia.


Fungsi Daun


Selain berfungsi sebagai daerah fotensintesis, daun juga mempunyai beberapa fungsi lain yakni:



  • Sebagai daerah respirasi. Daun mempunyai stomata yang bertugas sebagai alat respirasi. Pada flora tertentu sistem respirasi flora dibantu oleh lentisel yang berada di batang

  • Sebagai alat reproduksi vegetatif. Reproduksi vegetatif merupakan proses perkembang biakan aseksual (tanpa kawin) dan tanpa campur tangan manusia, contohnya pada flora cocor bebek.

  • Sebagai daerah berlangsungnya transpirasi. Transpirasi merupakan proses penguapan yang terjadi dikala flora kekurangan maupun kelebihan air. Bagian daun yang berfungsi untuk mengurangi penguapan ialah lapisan kutikula ada pada permukaan daun.

  • Sebagai daerah untuk proses gutasi. Proses gutasi ialah proses pengeluaran air pada tumbuhan. Proses ini biasanya terjadi pada malam hari.


Struktur Bagian Daun


Dibawah ini terdapat 2 potongan daun yakni struktur potongan dalam daun dan potongan luar daun.


Struktur Bagian Luar Daun


Berikut ini terdapat 3 struktur potongan luar daun, antara lain:



  • Pelepah daun tersebut berfungsi meletakkan daun pada cabang.

  • Tangkai daun tersebut berfungi untuk mengaitkan cabang atau tangkai dengan helai daun.

  • Helai daun ialah salah satu potongan terpenting kebanyakan daun lantaran tersebut mempunyai fungsi utama daun yaitu sebagai sel fotosintetis yang paling besar lengan berkuasa bekerja. Bentuk helai daun sangat bermacam-macam macam ada yang tipis ataupun tebal.


Struktur Bagian Dalam Daun


Adapun struktur dalam atau struktur jaringan daun diantaranya:




  • Epidermis




Apa itu Epidermis? ialah merupakan potongan lapisan sel hidup terluar daun. Yang mana pada jaringan ini dibagi menjadi epidermis atas dan bawah. adapun fungsi dari Epidermis daun sendiri yakni untuk melindungi jaringan yang terdapat di bawahnya.




  • Jaringan Mesofil




Selanjunya pada jenis mesofi ini sanggup dibagi menjadi 2 yakni jaringan palisade dan spons.



  • Jaringan tiang atau palisade yakni merupakan sebuah jaringan yang mengandung banyak kloroplas yang berperan dalam proses pembuatan makanan. Adapun satu ciri dari palisade ini sendiri yakni pada sel-selnya yang berbentuk silinder dan tersusun rapat.

  • Jaringan bunga karang atau spons yakni merupakan sebuahjaringan yang lebih berongga apabila dibandingkan dengan jaringan palisade dan spons berfungsi sebagai daerah menyimpan cadangan makanan.


Berkas Pembuluh Angkut


Berkas pembuluh angkut ini terbagi menjadi 2 yakniXilem atau pembuluh kayu dan Floem atau pembuluh tapis.



  • Xilem (pembuluh kayu)

    Nah selnjutnya pada jenis pembuluh ini yakni mempunyai fungsi untuk mengangkut air dan mineral menuju daun, sedangkan pada batang, xilem berfungsi sebagai sponsor penegak sebuah tumbuhan.

  • Floem (pembuluh tapis)

    Pada Floem ini mempunyai fungsi yakni guna mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh potongan tumbuhan.

  • stomata

    Kemudian pada stomata mempunyai fungsi yakni sebagai organ respirasi. Sebab stomata mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan materi fotosintesis dan mengeluarkan O2 sebagai hasil fotosintesis. Stomata terletak di Epidermis bawah

  • Jaringan Tambahan Pada DaunSelanjutnya pada jaringan suplemen didaun yang mana mencakup sel-sel khusus yang umumnya terdapat pada mesofil daun, contohnya sel-sel kristal dan kelenjar.


Jenis-Jenis Daun


Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis daun, yakni sebagai berikut:




  • Daun Skala




Pada skala ini banyak dijumpai pada rizoma, kecil, kasar, daun penjaga yang menanamkan dan menjaga tunas.




  • Daun Penyimpanan




Kemudian pada penyimpanan secara umumnya kerap dijumpai pada tumbuhan berumbi dan sukulen, daun tersebut berfungsi menjadi sel penyimpanan makanan.




  • Duri dan Sulur 




Selanjutnya pada potongan ini umumnya banyak dijumpai ditanaman barberry dan kacang, daun dibuat khusus untuk menjaga tumbuhan ataupun menolong dalam menyangga batang.




  • Duri




Jenis daun duri ataupun jarum tersebut dipunyai oleh beberapa tumbuhan runjung menyerupai pinus, cemara, cemara dan pohon salam.




  • Paralel




Daun paralel berserat ialah jenis daun yang mempunyai banyak pembuluh darah. Pada umumnya paralel satu sama lain dan saling terinteraksi literal demi menit, veinlets lurus.




  • Menyirip




Daun jala berserat yang mempunyai pembuluh darah batang dari tangkai daun pokok kemudian terbagi menjadi veinlets halus yang kemudian bersatu dalam membran yang sukar.


 


 


Demikianlah materi pembahasan kali ini ihwal struktur daun, agar artikel kali ini sanggup bermanfaat bagi sahabat semua.


Artikel Lainnya :




Advertisement

Iklan Sidebar