'/> Jaringan Ikat

Info Populer 2022

Jaringan Ikat

Jaringan Ikat
Jaringan Ikat

Jaringan Ikat – Setelah sebelumnya ContohSoa.co.id telah membahas materi tentang Jaringan epitel Maka dipertemuan kali ini akan ContohSoal.co.id paparkan materi perihal jaringan ikat lengkap beserta pengertian, ciri, jenis, fungsi dan gambarnya. Nah untuk lebih jelasnya  mari simak ulasan dibawah ini.


Pengertian Jaringan Ikat


 Maka dipertemuan kali ini akan ContohSoal Jaringan Ikat


Apa yang dimaksud dengan jaringan ikat? ialah merupakan sebuahjaringan yang berfungsi untuk mengikat, menunjang dan mengikat bab ataupun organ lain. Susunan jaringan ikat ialah merupakan sebuah sel yang terdiri didalam matriks ekstraseluler dan susunannya tersebar.


Jariingan ikat ini yakni jaringan yang banyak ditemukan didalam tubuh dan mempunyai susunan sel yang jarang dan menyebar dalam suatu matriks ekstraseluler.


Dalam proses pembentukan jariingan ikat ini yakni dari mesenkim yang asalnya dari mesoderm yang merupakan sebuah lapisan tengah di embrio, jaringan ikat juga disebut dengan jaringan penyokong atau penunjang.


Ciri Ciri Jaringan Ikat



  • Memiliki komponen matriks atau intraseluler

  • Letak sel tidak berdekatan jikalau terhubung di ujung protoplasmanya

  • Memiliki bentuk sel tidak beraturan atau tersebar


Fungsi Jaringan Ikat


Setelah mengetahui pengertian jaringan ini dan struktur penyusunnya. Berikut ini ialah fungsi antara lain:



  • Mengikat dan menyokong jaringan lain

  • Menyambungkan antar jaringan

  • Melindungi organ-organ

  • Transportasi cairan yang ada di dalam tubuh

  • Sistem imunitas dalam tubuh

  • Membungkus jaringan lain

  • Menyimpan cadangan makanan

  • Membuhun pathogen jahat


Jenis Jaringan Ikat


Berikut ini ialah jenis jaringan ikat antara lain:


Jaringan Ikat Sejati


 Maka dipertemuan kali ini akan ContohSoal Jaringan Ikat


Pada jaringan ini umunya sanggup dijumpai pada perut. Yang merupakan sebuah selaput yang melindungi organ di dalam perut dan termasuk jariingan ikat sejati, yang terdiri atas jariingan ikat longgar dan ikat padat.


Ikat longgar berfungsi sebagai membungkus organ tubuh, pembulu darah, dan saraf. Sedangkan jariingan ikat padat terdapat dua yaitu ikat padat teratur dan ikat padat tidak teratur. Ikat padat teratur sanggup di jumpai pada tendon yakni penghubung antar tulang dan otot, dan ligament penghubung tulang dan tulang.


Jaringan Ikat Cair


Pada jariingan ikat ini terdir dari jaringan darah dan limfa. Yang mana pada jaringan darah mempunyai fungsi dalam proses tranportasi darah, dan kekebalan tubuh. Sedangkan jaringan limfa berfungsi dan berperan pada sistem imunitas tubuh.


Jaringan Penyokong


Pada penyokong ialah merupakan sebuah jaringan yang berperan dalam pembentukan dan penyokong tubuh. Pada jaringan ini terdiri atas:



  • Dalam jaringan tulang rawan ini tersusun oleh sel kondrosit yakni hialin, elastin, dan fibrosa.

  • Kemudian pada jaringan tulang keras inin juga tersusun oleh sel osteosit yakni tulang kompak dan tulang berongga.


Gambar


 Maka dipertemuan kali ini akan ContohSoal Jaringan Ikat


 


Berikut ini ialah merupakan ganbar jaringan pada bab legan manusia


 Maka dipertemuan kali ini akan ContohSoal Jaringan Ikat


 


Struktur


Struktur atau penyusun jariingan ikat pada tubuh insan ada dua yakni matriks dan sel-sel jariingan ikat. Berikut ini kita akan membahas mengenai keduanya:


Matriks


Apa itu Matriks? ialah merupakan sebuah dasar guna meletakkan jariingan ikat pada tubuh. Matrik terususn dari materi dasar cairan ekstraseluler. Ada beberapa serat dan materi yang terdapat di matriks berikut diantaranya:


Serat kolagen


Serat matriks ini terbuat dari kalogen yang bersifat tidak lentur dan sangat berpengaruh selain itu gampang robek jikalau di Tarik terlalu Panjang.


Serat ini dipakai untuk menghubungkan tulang dengan otot biasanya terdapat di tendon. Selain tendon ada juga di tulang dan kulit. Susunan paling utama pada matriks serat kalogen ialah protein kalogen 25% dari seluruh protein dalam tubuh.


Serat elastis


Seperti namanya yakni serat lentur yang bersifat lentur juga. Serat ini mempunyai serat kelenturan yang sangat tinggi untaian panjang yang berwarna kuning.


Serat retikuler


Serat ini sangat rawan alasannya yakni sangat tipis dan bersifat cabang. Serat retikuler tersusun dari kalogen dan serabut-serabut kalogen. Elastis yang sangat rendah mengakibatkan serat ini sangat rawan rusak atau robek.


Berfungsi sebagai penghubung jariingan ikat dangan jaringan lain. Dapat kita jumpai pada hati, limpa, dan kelenjar limfe.


Bahan dasar


Bahan dasar matriks ialah mukopolisakarida sulfat dan asam hialuronat. Sifat matriks ini sangat lentur dan lentur jikalau asam hialuronatnya sangat tinggi (sendi)dan akan kaku jikalau mukopolisakaridanya tinggi (tulang punggung). Fungsinya ialah mengikat air, pelumas dan Peredam benturan.


Sel-Sel Jaringan Ikat


Dibawah ini terdapat struktur jariingan ikat pada sel-sel nya antara lain:


Fibroblas


Apa itu Fibroblas? ialah merupakan sebuah sel yang berbentuk serat dan berfungsi untuk mensekresikan protein.


Makrofag


Sel makrofaq ialah merupakan sebuah sel yang mempunyai bentuk tidak lentur yang fungsinya sebagai pinositosis dan fagositosis. Pinositosis ialah merupakan sebuah proses minum partikel kecil berupa zat-zat buangan cairan. Sedangkan fagositosisialah proses makan sel-sel mati dan bakteri.


Sel tiang


Apa yang dimaksud dengan Sel tiang? ialah merupakan suatu sel yang berfungsi sebagai penghasil heparin dan histamin. Heparin sanggup berfungsi sebagai mencegah pembekuan darah. Dan histamin sanggup berfungsi sebagai peningkatan permaebilitas kapiler darah.


Sel lemak


Sel lemak berfungsi untuk menyimpan lemak. Sel-sel lemak membentuk jaringan lemak (adiposa).


Sel plasma


Sel plasma ialah merupakan sebuah sel yang mempunyai bentuk tidak beraturan berfungsi sebagai melawan pathogen yang jahat. Sel ini paling banyak pada tempat pencernaan dan pernafasan yang terdapat pathogen banyak.


 


 


 


Demikianlah materi pembahasan kali ini perihal jariingan ikat, biar artikel kali ini sanggup bermanfaat bagi teman semua.


Artikel Lainnya :




Advertisement

Iklan Sidebar