'/> Komunikasi Ialah : Pengertian Berdasarkan Para Hebat Beserta Macam, Fungsi Dan Tujuannya

Info Populer 2022

Komunikasi Ialah : Pengertian Berdasarkan Para Hebat Beserta Macam, Fungsi Dan Tujuannya

Komunikasi Ialah : Pengertian Berdasarkan Para Hebat Beserta Macam,
Fungsi Dan Tujuannya
Komunikasi Ialah : Pengertian Berdasarkan Para Hebat Beserta Macam,
Fungsi Dan Tujuannya

Komunikasi Adalah – Pada Materi Sebelumnya kita telah membahas mengenai Pengertian HRD, Namun pada kali ini kita akan membahas mengenai pengertian komunikasi berdasarkan para ahli, Untuk lebih Lengkapnya ,Simak penjelasannya Dibawah ini


Pengertian Secara Umum


 Pada Materi Sebelumnya kita telah membahas mengenai  Komunikasi Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli Beserta Macam, Fungsi dan Tujuannya
Pengertian Komunikasi

Komunikasi Adalah Suatu Proses Seseorang/Beberapa Orang, Kelompok, Masyarakat Dan Organisasi Yang Menciptakan Dan Menggunakan Sebuah Informasi, Agar Dapat Terhubung Dengan Lingkungan Orang Lain. Pengertian Secara Umum Komunikasi Dapat Dilakukan Dengan Lisan Atau Verbal, Yang Bisa Praktis Dimengerti Oleh Kedua Belah Pihak.


Sejarah Komunikasi


Sejarah Komunikasi Atau Communicaton Yang Berasal Dari Bahasa Latin Communis Yang Berarti Sama, Communico, Communicare Atau Communication Yang Berarti Membuat Sama ( Make To Coomon ). Komunikasi Dapat Terjadi Apabila Ada Kesamaan Antara Penyampaian Pesan Dan Orang Yang Menerima Pesan, Itulah Kesederhananya . Oleh Karena Itu Komunikasi Sendiri Tergantung Pada Kemampuan Kita Untuk Dapat Bagaimana Memahaminya Satu Dengan Yang Lainnya.


Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli


Definisi komunikasi


Adapun Forsdale (1981) yaitu spesialis pendidikan, khususnya pada bidang ilmu komunikasi Definisi Komunikasi menurutnya menjelaskan dalam sebuah kalimat bahwa “komunikasi ialah proses oleh sistem yang didirikan, dipelihara dan diubah melalui sinyal-sinyal yang beroperasi bersama-Menurut hukum “. Komunikasi ialah sebuah proses dimana suatu sistem yang dibentuk, dipelihara, dan dimodifikasi dengan tujuan bahwa sinyal tersebut dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan aturan.


Analisis


Komunikasi ialah metode yang dipakai sehari-hari dalam stimulus / pesan yang terbentuk melalui proses yang melibatkan dua orang atau lebih. Satu dan lainnya memiliki tugas dalam membuat pesan, mengubah isi dan makna, merespon pesan / stimulus, dan mempertahankannya di ruang publik. Yang bertujuan dari “penerima” (komunikan) dan sanggup mendapatkan sinyal atau pesan yang sudah dikirim oleh “sumber” (komunikator).



  • Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid ( Komunikasi ) Adalah Sebuah Proses Dimana Dua Orang Atau Lebih Membentuk Atau Melakukan Pertukaran Informasi Dengan Satu Sama Lainnya Yang Pada Gilirannya Akan Tiba Pada Saling Pengertian Yang Mendalam

  • Menurut Harorl D. Lasswell ( Komunikasi ) Ialah Pada Dasarnya Merupakan Suatu Proses Yang Menjelaskan Siapa, Mengatakan Apa, Dengan Saluran Apa, Kepada Siapa ? Dengan Akibat Apa Atau Hasil Apa.

  • Menurut Shannon & Weaver ( Komunikasi ) Ialah Bentuk Komunikasi/Interaksi  Manusia Saling Pengaruh Mempengaruhi Satu Dengan Yang Lainnya, Dengan Sengaja Ataupun Tidak Sengaja. Tidak Terbatas Pada Bentuk/Wujud Dalam Komunikasi Yang Menggunakan Bahasa Verbal, Tetapi Juga Dalam Hal Eksprensi Wajah/Muka, Lukisan, Seni, Dan Teknologi

  • Menurut Raymond S. Ross ( Komunikasi ) Ialah Suatu Proses Menyortir, Memilih Dan Mengirimkan/Mentranfer Symbol-Simbol Yang Sedemikian Rupa Sehingga Bisa Membantu Dalam Pendengar Membangkitkan Makna Atau Respons Dari Pikirannya Yang Serupa Dengan Yang Dimaksudkan Komunikator.

  • Menurut Everett M. Rogers ( Komunikasi ) Ialah Proses Dimana Suatu Ide Dialihkan Dari Sumber Kepada Suatu Penerima Atau Lebih Dengan Maksud Untuk Mengubah Tingkah Laku Mereka.

  • Menurut Bernard Berelson & Gary A. Steiner ( Komunikasi ) Ialah Transmisi Informasi, Gagasan, Emosi, Ketrampilan Dan Sebagainya Dengan Menggunakan Symbol-Simbol Atau Kata-Kata, Gambar, Figure, Grafik Dan Sebagainya. Komunikasi  Disebut Juga Dengan Tindakan Atau Proses Transmisi.

  • Menurut John R. Wenburg Dan William W Wilmot ( Komunikasi ) Ialah Suatu Usaha Untuk Memperoleh Makna.

  • Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri ( Komunikasi ) Adalah Pemahaman Pengalihan Suatu Pesan Dari Satu Sumber Kepada Penerimanya.

  • Menurut Carl I. Hovland ( Komunikasi ) Adalah Proses Yang Dapat Memungkinkan Seseorang ( Komunikator ) Menyatakan Rangsangan Untuk Mengubah Perilaku Orang Lain.

  • Menurut William I. Gordon ( Komunikasi ) Adalah Ringkasan Yang Didefinisikan Sebagai Suatu Transaksi Dinamis Yang Melibatkan Gagasan Dan Perasaan.

  • Menurut Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss ( Komunikasi ) Adalah Sebuah Proses Yang Bermakna Antara Dua Orang Atau Lebih.

  • Menurut M. Djenamar, SH ( Pengertian Komunikasi ) Ialah Suatu Seni Untuk Menyampaikan Sebuah Informasi, Ide-Ide, Seseorang Kepada Orang Lain.

  • Menurut William Albig ( Komunikasi ) Ialah Proses Pengoperan Lambing Yang Berarti Diantara Indivindu-Induvindu.

  • Menurut Judy C Pearson & Paul E Melson ( Komunikasi ) Adalah Berbagai Makna Yang Praktis Dipahami.

  • Menurut Anwar Arifin ( Pakar Komunikasi ) Ialah Merupakan Suatu Konsep Yang Banyak Makna. Makna Komunikasi Ini Bisa Dibedakan Berdasarkan Komunikasi Sebagai Proses Sosial Komunikasi Pada Makna Ini Ada Dalam Konteks Ilmu Sosial. Dengan Menggunakan Teknik Pendekatan Komunikasi Yang Secara Umum Menfokuskan Pada Kegiatan Manusia Dan Kaitan Pesan Dengan Perilaku. Itulah Cara Para Pakar Ilmu Sosial Melakukan Riset.

  • Menurut Murphy & Mendelson ( Komunikasi ) Ialah Merupakan Suatu Komunikasi Untuk Membangun Dan Mempertahankan Hubungan Interpersonal.

  • Menurut Aristoteles ( Pengertian Komunikasi ) Ialah Suatu Alat Dimana Masyarakat Dapat Berpartisipasi Dalam Demokrasi.

  • Menurut Anderson ( Komunikasi ) Ialah Merupakan Proses Yang Dinamis Dan Secara Konstan Berubah Sesuai Dengan Situasi Yang Berlaku.

  • Menurut Hoben ( Pengertian Komunikasi ) Ialah Suatu Pertukaran Pikiran/Gagasan Secara Verbal.

  • Menurut Barnlund ( Komunikasi ) Ialah Yang Timbul Atas Dorongan Kebutuhan Yang Dapat Mengurangi Rasa Ketidakpastian, Bertindak Secara Efektif, Mempertahankan Atau Memperkuat Ego.

  • Menurut Lexigrapher ( Komunikasi ) Ialah Upaya Yang Bertujuan Berbagi Untuk Mencapai Kebersamaan.

  • Menurut Redi Panuju ( Komunikasi ) Ialah Aliran Yang Menghubungkan Dan Kinerja Antar Bagian Dalam Organisai Sehingga Menghasilkan Suatu Sinergi.

  • Menurut William J. Seller ( Komunikasi ) Ialah Proses Yang Mana Symbol Nonverbal Dan Verbal Dikirimkan, Diterima Serta Diberi Arti.

  • Menurut Colin Cherry ( Komunikasi ) Ialah Penggunaan Lambing-Lambang ( Symbols ) Untuk Mencapai Kesamaan Makna Atau Berbagi Informasi Tentang Satu Objek Atau Kejadian. Informasi Dapat Disampaikan Dan Diterima Secara Akurat, Receiver Akan Memiliki Informasi Yang Sama Seperti Yang Dimiliki Sender, Oleh Karena Itu Tindak Komunikasi Telah Terjadi.

  • Menurut Gerald R.Miller Komunikasi terjadi ketika sumber pesan kepada peserta dengan maksud sadar untuk menghipnotis sikap mereka.

  • David K. Berlo, 1965 Ilmu pengantar komunikasi Komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial berkhasiat untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam memciptakan keseimbangan dengan masyarakat. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 3, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.)

  • Steven, Menurutnya Komunikasi Juga sanggup terjadi kapan saja dan di mana saja suatu organisme memberi reaksi terhadap suatu objek atau stimuli. Apakah itu berasal dari seseorang atau lingkungan sekitarnya. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 19, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.)

  • lexicographer (ahli kamus bahasa) menurutnya komunikasi ialah suatu upaya yang bertujuan menyebarkan untuk mencapai kebersamaan. Terdapat pesan yang saling dipertukarkan ialah tujuan yang diinginkan oleh dua orang dikala saling berkomunikasi dalam mencapai pemahaman yang sama.

  • Webster’s New Collegiate Dictionary (WNCD), komunikasi ialah suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, gejala atau tingkah laris (edisi tahun 1977).

  • Komunikasi ialah suatu proses mencoba sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) untuk mengakibatkan dimiliki oleh dua orang atau lebih. Gode, 1959

  • Komunikasi ialah suatu proses yang sanggup menghubungkan satu pecahan pada pecahan lainnya di dalam kehidupan. Ruesch, 1957

  • Komunikasi ialah semua mekanisme yang mana melalui pikiran seseorang biar sanggup menghipnotis pikiran orang lainnya. Weaver, 1949

  • Achmad S. Ruky, Sukses sebagai manajer Profesional tanpa gelar MM atau MBA – Komunikasi ialah proses pemindahan dan pertukaran pesan yang sanggup berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kpd org lain, utk menghipnotis dan/atau mengubah informasi dan tingkah laris orang yang mendapatkan pesan.

  • Wuryanano, Super Mind for Successful Life, Komunikasi ialah melibatkan keseluruhan pribadi anda, cara berbicara, sikap anda, tingkah laris anda, dan segala sesuatu yag terpancar dari pribadi anda.


Fungsi Komunikasi Secara Umum



 Pada Materi Sebelumnya kita telah membahas mengenai  Komunikasi Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli Beserta Macam, Fungsi dan Tujuannya
Fungsi Komunikasi Secara Umum

Fungsi komunikasi sanggup dinikmati manusia, baik itu secara individu maupun secara organisasi. Berikut ini ialah beberapa fungsi komunikasi secara umum:


1. Sebagai Alat Kendali


Fungsi komunikasi yang pertama ialah sebagai alat kendali atau kontrol. Dalam hal ini alat kendali berarti dengan komunikasi maka sikap individu sanggup dikontrol dengan penyampaian hukum yang harus dipatuhi.


2. Sebagai Alat Motivasi


Komunikasi baik dan persuasif tentunya sanggup meningkatkan motivasi individu dalam melaksanakan sesuatu. Mengirim sebuah informasi yang pastinya bisa terjangkau dalam kehidupan akan membangun motivasi seseorang.


3. Sebagai Ungkapan Emosional


Berbagai perasaan yang ada di dalam diri seseorang sanggup diungkapkan kepada orang lain dengan cara berkomunikasi. Emosi ini bisa persaan senang, marah, kecewa, gembira, dan lain-lain.


4. Sebagai Alat Komunikasi


Dengan alat komunikasi tetu kita bisa mengirim informasi yang diharapkan oleh orang lain atau kelompok sehingga dengan informasi itu maka proses pengambilan keputusan sanggup dilakukan dengan baik.


Macam-Macam Komunikasi



 Pada Materi Sebelumnya kita telah membahas mengenai  Komunikasi Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli Beserta Macam, Fungsi dan Tujuannya
Macam-Macam Komunikasi

Ada beberapa macam komunikasi yang bisa kita temukan sehari-hari. Berikut ini ialah jenis-jenis komunikasi:


1. Komunikasi Berdasarkan Cara Penyampaiannya



  • Komunikasi Verbal (Lisan)


Pengertian komunikasi ekspresi ialah komunikasi yang terjalin secara eksklusif tanpa adanya jarak yang berarti.bentuk  komunikasi ekspresi misalnya; meeting dengan klien, wawancara kerja, atau dua orang yang sedang berbicara.



  • Komunikasi Tertulis


Saat ini komunikasi dengan tertulis biasanya dilakukan melalu aplikasi atau media teknologi. Misalnya; mengirim pesan melalui email, chatting melalui aplikasi WhatssApp/ BBM/ Facebook Messenger.


3. Komunikasi Berdasarkan Maksud


Komunikasi sanggup juga dibedakan berdasarkan maksud dari komunikator. Kemauan dari komunikator merupakan faktor utama dalam proses penyampaian pesan.


Beberapa jenis komunikasi berdasarkan maksud diantaranya adalah:



  • Pidato

  • Pemberian saran atau kritik

  • Memberikan perintah

  • Memberikan ceramah

  • Wawancara


4. Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup


,Komunikasi sanggup juga dibedakan berdasarkan ruang lingkupnya, diantaranya adalah:



  • Komunikasi Internal


Interaksi Ini suatu jenis yang berada dalam batas ruang lingkup organisasi dimana interaksi hanya terjadi antar individu pada sebauah organisasi itu saja.



  • Komunikasi Eksternal


Jenis komunikasi ini yang banyak dikerjakan oleh sebuah organisasi kepada Umum, contohnya jumpa pers, pameran dan publikasi, acara TV dan Radio, bakti sosial.


5. Komunikasi Berdasarkan Aliran Informasi


Pada komunikasi ada sejumlah arah dalam penyampaiannya, diantaranya adalah:



  • Komunikasi satu arah; ialah suatu jenis komunikasi yang tiba dari satu pihak, contohnya guru dan murid.

  • Komunikasi dua arah; ialah sebuah jenis komunikasi yang memiliki dua arah yang dimana kedua individu itu saling menunjukkan pesan dan feedback satu dengan yang lain.

  • Komunikasi ke atas; ialah jenis komunikasi yang berawal dari bawah ke atas, contohnya informasi yang di sampaikan bawahan kepada atasan

  • .

    Komunikasi ke samping; yaitu komunikasi yang tercipta alasannya ialah adanya kesamaan kedudukan, atau komunikasi antara dua individu yang posisinya sejajar.


Tujuan Komunikasi Pada Umumnya



 Pada Materi Sebelumnya kita telah membahas mengenai  Komunikasi Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli Beserta Macam, Fungsi dan Tujuannya
Tujuan Komunikasi Pada Umumnya

Semua kegiatan komunikasi dilakukan dengan tujuan tertentu. Tujuan komunikasi secara umum diantaranya adalah:


1. Agar Komunikator Dimengerti Komunikan


Tujuan komunikasi ialah biar untuk memastikan bahwa sebuah informasi atau pesan dari komunikator sanggup dimengerti oleh orang lain (komunikan). Karena itu komunikator harus memberikan pesan utama sejelas mungkin kepada komunikan.


2. Agar Mengenal Orang Lain


Dengan adanya interaksi dan komunikasi maka setiap orang sanggup saling mengenali dan memahami satu sama lain. Kemampuan mendengar/ membaca/ mengartikan pesan orang lain dengan baik merupakan hal penting dalam kegiatan komunikasi.


3. Agar Pendapat Diterima Orang Lain


Komunikasi seringkali dipakai untuk mengambarkan sebuah gagasan atau wangsit seseorang pada orang lain. Tujuannya ialah biar wangsit dan gagasan tersebut diterima.


4. Menggerakkan Orang Lain


Komunikasi yang baik sanggup membentuk kesamaan pendapat dengan orang lain. Selanjutnya, kesamaan persepsi tersebut dipakai untuk menggerakkan orang lain sesuai dengan harapan kita.


Demikianlah Materi pembahasan mengenai Pengertian Komunikasi Menurut Para hebat Beserta Macam,Fungsi dan tujuannya, Semoga Artikel ini sanggup Bermanfaat Bagi yang membacanya


Artikel Lainnya;




Advertisement

Iklan Sidebar