'/> Echinodermata

Info Populer 2022

Echinodermata

Echinodermata
Echinodermata

Echinodermata – Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id telah membahas meteri tentang Arthropoda Maka dipertemuan kali ini akan ContohSoal.co.id paparkan bahan wacana Echinodermata beserta pengertian, peranan, reproduksi, manfaat dan gambarnya. Baiklah pribadi aja mari simak ulasan dibawah ini.


Pengertian Echinodermata


Maka dipertemuan kali ini akan ContohSoal Echinodermata


Apa yang dimaksud dengan Echinodermata? berasal dari bahasa Yunani yakni Echinos yang berarti duri, dukungan yang berarti kulit, berarti binatang yang kulitnya berduri. Pada dasarnya kelompok ini mencakup Bintang Laut, Bintang Ular, Landak Laut, Lilia Laut, dan Mentimun Laut. Menurut


Echinodermata ialah merupakan hewan maritim yang termasuk binatang coelomate dengan simetri radial, dimana tubuh sanggup dibagi menjadi lima potongan tersusun mengelilingi sumbu pusat. Ada sebuh coelom besar bersifat enterocoelous bersilia membentuk ruangan perivisceral dan beberapa sistem berbelit-belit


Echinodermata tidak mempunyai anggota yang bersifat parasitic. Echinodermata mempunyai kemampuan besar untuk regenerasi. Yang mana penyebaran sangat luas dan filum ini terdiri atas 5.300 spesies dan sejumlah besar berupa fosil


Maka dipertemuan kali ini akan ContohSoal Echinodermata


Struktur tubuh Echinodermata



  • Pada tubuhnya mempunyai ukuran yang bervariasi yakni berdiameter 1 – 36 cm.

  • Pada habitat hidupnya mempunyai bentuk yang mirip mirip plankton,dengan bentuk simetri bilateral lalu mengalami metamorfosis cukup umur dengan bentuk tubuh simetri radial dengan lima penjuru.

  • Pada jenis Echinodermata ini ia tidak mempunyai kepala dan tubuh tersusun dalam sumbu oral-aboral.

  • Kulit keras alasannya terbuat dari Zat Kapur

  • Pada susunanya letak lisan berada di bawah sedangkan anusnya terletak di atas (tripblastik selomata)

  • MEmpunyai sebuah sistem ambukaral, yakni pada gerakannya terjadi dengan cara mengubah tekanan air yang diatur sistem pembuluh air yang berkembang dari selom

  • Memiliki sistem pencernaan yang sempurna


Ciri- Ciri Echinodermata


Adapun ciri khas yang sangat penting pada echinodermata ini ialah mempunyai bentuk tubuh simetri radial, dengan mempunyai beberapa lengan (5 atau lebih, sebagian besar dikelompokkan 2 kiri, 1bagian tengah, 2 di sebelah kanan) memancar dari sentra badan.


Berikut ialah beberapa ciri ciri echinodermata secara umum:



  • Echinodermataialah merupakan sekelompok binatang laut, hidup terutama di dasar laut.

  • Hewan ini mempunyai endoskeleton dari osikel berkapur, dan karenanya nama Echinodermata (tubuh berduri).

  • Tingkat organisasi – Tingkat Organ – Sistem organisasi.

  • Simetri tubuh – pada cukup umur dengan simetris radial, tetapi pada larva ialah simetris bilateral.

  • Dinding Tubuh – Triploblastik, binatang selomata.

  • Sistem pencernaan lengkap.

  • Fitur yang paling khas ialah sistem vaskular air. Hal ini membantu dalam gerak, penangkapan dan

  • pemindahan masakan dan respirasi.

  • Sistem ekskresi tidak ada.

  • Jenis kelamin terpisah.

  • Reproduksi ialah dengan cara seksual.

  • Fertilisasi biasanya eksternal.

  • Perkembangan ialah tidak pribadi dengan berenang bebas larva.


Reproduksi Echinodermata


Echinodermata merupakan kelompok binatang yang bereproduksi dengan cara seksual dan aseksual. Reproduksi secara seksual biasanya terjadi dengan cara pembelahan fisik yakni penyekatan dan pemisahan pisin sentra atau piringan kecil yang berada di sentra tubuh, untuk lalu masing-masing potongan tubuh yang dipisahkan ini melaksanakan regenerasi menjadi individu yang lebih lengkap.


TErjadinya proses pembuahan yakni dengan secara eksternal yang akan menghasilkan larva yang mempunyai bentuk simetri bilateral, lalu larva tersebut akan turun ke substrat dan berkembang menjadi menjadi individu yang mempunyai bentuk simetri radial. Akan tetapi ada juga beberapa spesies dari Echinodermata yang mengerami telurnya.


Klasifikasi Echinodermata




Ada sekitar 6 ribu spesies Echinodermata yang bisa dikelompokkan menjadi lima kelas yakni Asteroidea, Ophiuroidea, Echnoidea, Crinoidea dan Holothuroidea. Berikut ini ialah klarifikasi lengkapnya:




  • Asteroidea




Kelompok ini sering kali disebut juga bintang maritim alasannya pada permukaan tubuhnya yang mempunyai duri pendek dan kaki tabung sebagai penyedot serta bentuknya yang mirip dengan bintang.


Contoh binatang yang berasal dari kelas ini yakni Asteria forbesi (bintang laut), Linkia laevigata (Bintang maritim biru), dan Pentaceros (Bintang maritim bertanduk).




  • Ophiuroidea




Jenis ini ialah merupakan binatang avertebrata yang sering juga disebut dengan bintang ular, binatang ini mempunyai tubuh yang bisa bergerak mirip mirip ular dan mempunyai lima lengan. Ciri khas dari kelompok binatang ini ialah adanya madreporit.




  • Echnoidea




Echnoida sendiri berasal dari bahasa yunani yanki echios yang mempunyai arti landak. Hal ini dikarenakan kelompok binatang ini mempunyai bentuk tubuh yang berduri dan sekilas mirip duri yang ada di tubuh landak.




  • Crinoidea




Pada jenis Crinoidea ini mempunyai ciri hidup yang melekat pada substrat yang berada di lautan, lengan pada kelompok binatang ini mempunyai fungsi sebagai pemakan suspense. Contoh dari kelompok binatang ini ialah Antendon sp, Holospus sp.




  • Holothuroidea




Holothuroidea juga biasa disebut dengan ketimun laut, holothuroida sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni holothurion yang mempunyai arti ketimun maritim atau eidos yakni bentuk. Contoh dari kelompok binatang ini ialah teripang (Holothuria).


Manfaat Echinodermata


Semua makhluk hidup yang ada di dunia ini niscaya diciptakan bersama dengan manfaatnya. Begitu juga samahalnya dengan Echinodermata yang juga diciptakan dengan keuntungannya sendiri.


Ada berbagai manfaat yang dimiliki oleh Echinodermata khususnya bagi manusai. Sebab Ecinodermata merupakan pemakan bangkai dan juga kotoran binatang yang berada di bawah maritim sehingga keberadaan Ecinodermata ini sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan.


Namun ada lagi selain itu beberapa Ecinodermata bahkan bisa dikonsumsi oleh insan sebut saja mirip teripang yang mempunyai harga mahal di pasarn. Echiinodermata bisa dimanfaatkan sebagai perhiasan.




 


 


 


Nah demikianlah bahan pembahasan kali ini wacana Echinodermata , biar artikel ini sanggup bermanfaat bagi sahabat semua.


Artikel Lainnya :




Advertisement

Iklan Sidebar