'/> Contoh Teks Eksplanasi

Info Populer 2022

Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi
Contoh Teks Eksplanasi

ContohSoal.co.id – Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi? ingin tau bukan!! nah oke sebelum kita masuk pada tahap pembahasan, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai teks eksemplum. Materi kali ini akan kita bahas mengenai pola teks eksplanasi budaya, fenomena alam, sosial beserta ciri-ciri, kaidah keabsahan dan strukturnya, Untuk lebih lengkapnya simak klarifikasi dibawah ini.


Pengertian Teks Eksplanasi


 Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi Contoh Teks Eksplanasi
Contoh Teks Eksplanasi

Apa itu eksplanasi – Menurut etimologi berasal dari bahasa Inggris yaitu Eksplanation. Arti dari eksplanation ini yaitu keterangan atau penjelasan. Sedangkan pengertian teks eksplanasi secara istilah yaitu suatu paragraf yang memuat informasi wacana suatu tahapan “mengapa” dan “bagaimana” yang mencakup banyak sekali peristiwa. Peristiwa-peristiwa yang bisa dijadikan sebagai teks ekplanasi yaitu mengenai insiden alam, sosial, budaya, dan ilmu pengetahuan.


Ciri-Ciri Teks Eksplanasi



  • Memuat informasi yang sesuai dengan fakta atau nyata

  • Pada informasi menempel sebuah Fakta bahwa teks eksplanasi ini bersifat ilmiah

  • Strukturnya ada tiga macam yaitu dimulai dari pernyataan umum, sebab-akibat, hingga intrepretasi.

  • menggunakan sequnce markers, seperti pertama, kedua, ketiga ataupun dengan pertama, berikutnya, dan berakhir.


Struktur Teks Eksplanasi


 Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi Contoh Teks Eksplanasi
Eksplanasi

Terdiri dari pernyataan umum



  • Pernyataan umum yaitu memuat klarifikasi mengenai suatu topik dan proses yang terbentuk dari proses terjadinya suatu peristiwa.


Sebab dan akibat



  • Pada klarifikasi ini mengenai tahapan suatu insiden . Sebab jawaban ini disusun secara sedikit demi sedikit yakni berurutan daria awal hingga tamat peristiwa.


Interpretasi



  • Bagian ini yaitu bagaian yang menunjukkan pernyataan terkait topok yang diuraikan dalam teks atau bisa disebut sebagai kesimpulan dari teks ekplanasi.


Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi



  • Terdapat istilah ilmiah.

  • Pembahasannya dalam teks ekplanasi sifatnya hal yang umum. Dan  tidak mengikutsertakan partisipan wacana manusia.

  • Pada fakta atau kenyataannya Penulisan teks eksplanasi dibentuk sesuai dengan peristiwa

  • Pemakaian dalam teks eksplanasi yaitu kalimat pasif

  • Di dalam nya terdapat konjungsi kausal dan waktu

  • Pemakaian kata kerja lebih sering relasional dan material


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya


 Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi Contoh Teks Eksplanasi
Eksplanasi


  • Indonesia memiliki beraneka ragam kebudayaan. Salah satu produk kebudayaan yang populer yaitu wayang. Wayang bisa dijadikan pertunjukkan yang dibawakan oleh seorang dalang. Wayang pun majemuk tergantung tempat setempat. Wayang Jawa dengan Bali tentu sangat berbeda. Wayang juga populer di wilayah Sumatra dan sekitarnya. Bahkan ada sebuah organisasi dunia yaikni UNESCO yang mengakui pertunjukkan wayang sebagai produk kebudayaan yang berharga atau dikenal sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.

  • Wayang golek termasuk Versi wayangan, Yang (dimainkan oleh manusia), atau wayang boneka. Dalam sebuah Cerita Mahabrata atau Ramayana biasanya dimainkan pada pagelaran wayang Jawa . Pembuatan wayang yakni ketika agama Hindu masuk ke Indonesia. Untuk diterima masyarakat, agama Hindu menyesuaikan dengan kebudayaan setempat sehingga dipilihlah wayang sebagai media untuk menjembatani agama Hindu dengan sosial masyarakat. Kemudian pada dikala agama Islam masuk ke Indonesia, Dibuatlah wayang yang menggunakan kulit sapi. Hal menjadi wujud dari pembiasaan agama Islam dengan masyarakat pada dikala itu.

  • Akulturasi dan perkembangan wayang tidak berhenti di situ. Ketita tahun 1960 tumbuhlah gerakan misionaris katholik dan berbagi agama katholik di Indonesia. Dibuatlah wayang yang berjulukan wayang Wahyu yang diangkat atau  bersumber dari kitab agama tersebut. Sekarang wayang menjadi hiburan masyarakat. Terkadang orang merasa tidak lengkap jikalau tidak menanggap pertunjukkan wayang dalam acaranya.

  • Wayang selalu mempunyai Filosofi yang bermakna kebaikan dan mengajak untuk berbuat baik. Bahkan di setiap penggalan wayang mempunyai makna tersendiri. Harapannya melalui pertunjukkan wayang, pesan-pesan kebaikan sanggup tersampaikan dan mengena masyarakat.Jenis budaya harus slalu dijaga dan dilestarikan sebagai media berguru didik pada sekolah .


Contoh Teks Eksplanasi Sosial


 Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi Contoh Teks Eksplanasi
Eksplanasi


  • Tumbuh nya banyak Pengangguran menjadi sebuah info pada bangsa Indonesia ini yang mana hingga sekarang masih dalam proses menemukan solusi yang lebih baik dan efektif. Pada tiap kali perubahan pemimpin bangsa, begitu banyak solusi yang sudah dilakukan menyerupai pengadaan training untuk masyarakat umur produktif dan menggalakan jadwal perjuangan bagi daerah-daerah potensi. Namun pengangguran tetap meningkat dari tahun ke tahun.

  • Terdapat beberapa faktor yang menimbulkan adanya pengangguran menyerupai pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak seimbang dengan jumlah pencari kerja yang meningkat setiap tahun, kemampuan SDM yang belum memadai, jumlah PHK yang tinggi, dan sebagainya. Dampak negatifyang mana disebabkan dengan meningkatnya pengangguran . Hal itu sanggup kita lihat dari mulai meningkatnya kemiskinan dan kriminalitas serta semakin menurunnya tingkat kesehatan.

  • Masalah bermunculan ini disebabkan juga dengan bnyak pengangguran. Maka alasannya yaitu itu pemerintah harus menindaklanjuti dengan cara menemukan solusi biar sanggup meminimalisir dampak-dampak negatif di atas. Jalan keluar yang bisa lakukan yakni dengan memperbaiki kualitas pendidikan dan meningkatkan kesadaran orang bau tanah biar sanggup mengarahkan anak-anaknya serta mendukung minat dan bakatnya. Melalui cara ini dibutuhkan pengangguran sanggup berkurang.


Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya


 Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi Contoh Teks Eksplanasi
Eksplanasi

Pernyataan Umum:

Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang langka dan menarik untuk diamati. Terjadinya Gerhana matahari yakni dalam waktu ratusan tahun sekali. Dan terjadinya bFenomena ini disebakan oleh posisi bulan berada sempurna diantara matahari dan bumi dalam satu garis lurus sehingga cahaya matahari akan tertutup oleh bulan selama beberapa detik.


Bagian Penjelasan:

Agar sanggup melihat matahari secara eksklusif yakni dengan menggunakan sebuah alat teropong khusus atau media yang melindungi mata. Apabila melihat Fenomena ini dengan hanya menggunakan mata telanjang hal ini tentu akan membahayakan keselamatan mata bahkan bisa mengakibatkan kebutaan. Kerusakan pada mata tersebut karena  retina rusak oleh masuknya suatu radiasi tinggi yang ada pada sinar matahari. Bentuk pada radiasi ini tak bisa terlihat oleh mata dengan panjang gelombang tertentu. Mata insan tidak sanggup bertahan dengan radiasi tersebut.


Penutup:

Agar sanggup menikmati gerhana matahari banyak cara bisa dilakukan. Bukan hanya menggunakan teropong saja, Akan tetapi ada cara yang paling hemat yakni menggunakan film. Film ini akan membantu melindungi mata meskipun tidak maksimal.


Demikianlah Materi pembahasan kali ini, semoga artikel ini sanggup mempunyai kegunaan serta sanggup menambah pengetahuan kita semua.


Artikel Lainnya:




Advertisement

Iklan Sidebar