'/> Contoh Teks Eksemplum

Info Populer 2022

Contoh Teks Eksemplum

Contoh Teks Eksemplum
Contoh Teks Eksemplum

ContohSoal.co.id – Apa itu teks eksemplum? nah ingin tau bukan ? sebelum kita masuk pada pokok pembahasan, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Teks anekdot. Namun pada bahan kali ini kita akan membahas teks eksemplum beserta pengertian ciri, struktur, unsur dan Contohnya, untuk lebih lengkapnya simak klarifikasi dibawah ini.


Pengertian Teks Eksemplum


 sebelum kita masuk pada pokok pembahasan Contoh Teks Eksemplum
Teks Eksemplum

Teks eksemplum ialah merupakan sebuah teks yang bercerita mengenai tingkah laris tokoh dalam cerita. Terkadang jenis dalam teks ini selalu diawali pada perkenalan tokoh kemudian bencana yang dialami tokoh dan ditutup dengan interpretasi yang muncul dari tokoh.


Definisi lain dari teks eksemplum adalah:



  • Teks eksemplum yaitu teks yang isinya rekaan suatu peristiaw yang tidak diduga dan tidak dikehendaki oleh partisipan (pelakunya)

  • Teks eksemplum yaitu suatu bacaan yang mempunyai sifat sebagai penjelas perihal pengalaman hidup seorang manusia

  • Teks eksemplum yaitu suatu teks yang isinya atau ceritanya perihal seorang pelaku


Ciri-ciri Teks Eksemplum


Agar sanggup menilai perbedaan pada teks ini yaitu dengan menggunakan Teks Ulasan atau jenis teks lainnya, ada ciri-ciri yang wajib kita tahu. yakni:



  • Berisi terjadinya bencana yang tidak diinginkan.

  • Mempunyai struktur lengkap.

  • Adanya urutan bencana yang jelas.

  • Menggunakan bahasa naratif.


Struktur Teks Eksemplum


Lengkapnya Struktur merupakan Salah satu dari ciri teks eksemplum ini , Elemen yang tersusun dalam teks eksemplum ini yang membuatnya menjadi utuh, serta memang sudah menjadi sebuah kewajiban di dalam menciptakan teks eksemplum.:




  1. Orientasi


    ini merupakan suatu potongan pembuka atau awal teks dalam menciptakan teks eksemplum. Bagian orientasi ini biasanya berisi mengenai pengenalan dari tokoh. Misal: Pria itu mempunyai Tubuh yang sangat tinggi.



  2. Insiden


    Insiden ialah sebuah potongan yang didalamnya itu terkandung sebuah permasalahan yang dihadapi oleh si tokoh. Contohnya : Sintia tidak berangkat sekolah lantaran kendaraannya ada urusan keluarga.



  3. Interpretasi


    Interprestasi yaitu sebuah potongan yang didalamnya terdapat pesan moral, evaluasi, serta juga akhir dari segala duduk kasus yang dialami oleh si tokoh.



Setelah mengetahui Struktur dalam menciptakan teks Eksemplum ini kita juga harus mengetahui unsur dalam kebahasan pada teks eksmplum ini.


Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum


Pada Unsur ini hampir Mirip dengan unsur Teks prosedur kompleks yang sering memakai Konjungsi , nah pada unsur kebahasaan teks eksemplum ini pun terdapat konjungsi, berikut yaitu unsur-unsur dalam teks eksemplum ini:



  • Menggunakan Kalimat Kompleks

  • Menggunakan Konjungsi (penghubung)

  • Menggunakan Kata Rujukan

  • Menggunakan Kata Kerja


Karakteristik Teks Eksemplum


Berikut ini karakteristik dari teks Eksemplum yang perlu kau ketahui, Diantaranya yakni:



  • Isinya itu berupa sebuah bencana atau bencana mengenai hal yang tidak sering terjadi.

  • Membuat sang tokoh itu merasa menyesal atas bencana yang terjadi.

  • Penulis ada di dalam goresan pena tersebut yaitu pada potongan interpretasi serta koda.

  • Terdapat nilai – nilai yang sanggup dijadikan pelajaran bagi tiap-tiap pembaca.


Contoh Teks Eksemplum


siamak pola dalam teks eksemplum berikut :


Contoh Teks Eksemplum perihal Liburan


 sebelum kita masuk pada pokok pembahasan Contoh Teks Eksemplum
Eksemplum perihal Liburan


Orientasi


Pada hari ahad yang lalu, saya dan teman-temanku pergi mendaki ke puncak. Malam sebelum berangkat, hatiku sangat senang sekali membayangkan sanggup mendaki bersama teman-teman masa kecilku. Dan pada kesannya saya jadi tidur larut sekali karna mengkhayal terlalu lama. Saat hari minggu, saya berdiri kesiangan.


Insiden


Karena saya lambat bangun, jadinya saya buru-buru memasukkan apa saja hal yang diperlukan untukku nanti. Namun, lantaran saya tidak memikirkan baik-baik apa yang harus dipersiapkan, kesannya saya lupa membawa air minum. Selama mendaki itu saya sama sekali tidak minum apapun, saya sangat haus sekali waktu itu.


Interpretasi


Pesan moral atau pelajaran yang sanggup kita ambil dari dongeng di atas yaitu kita dihentikan terburu-buru dalam melaksanakan segala hal, dan juga harus selalu mempersiapkan dengan matang apa saja yang harus kita bawa selama liburan.


Contoh Teks Eksemplum Tentang Pengalaman


 sebelum kita masuk pada pokok pembahasan Contoh Teks Eksemplum
Eksemplum Tentang Pengalaman

Pada suatu hari ada seorang anak yang berjulukan Fulan, ia sangat gemar menghabiskan dan memboroskan uang jajan yang ia punya. Sebab ia merasa ia merupakan orang yang kaya raya, ayahnya bekerja disebuah perusahaan besar.


Saat mulai tumbuh dewasa, Ia menjadi langsung yang sangat boros , ditambah ia juga pacaran sehingga biaya anggaran pemborosannya juga bertambah. Kerjaannya hanya sanggup menghamburkan uang saja tanpa melihat perjuangan dan jerih payah sang ayah untuk mencari nafkah.


Pada suatu hari, Dimana pada ketika itu Ayahnya mengalami kebangkrutan yang disebabkan oleh kegagalan pada bisnisnya sehingga keadaan keluarganya jauh dari kata kaya, malahan serba kekurangan dan tidak mempunyai apa-apa.


Fulan yang begitu tertekan dan putus asa lantaran tidak terbiasa dengan kehidupan yang begitu menderita tersebut, kesannya lebih menentukan untuk bunuh diri/


Demikianlah Materi pembahasan mengenai Teks Eksemplum kali ini, Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk kita semua


Artikel Lainnya :




Advertisement

Iklan Sidebar