'/> Cnidaria

Info Populer 2022

Cnidaria

Cnidaria
Cnidaria

Cnidaria – Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id telah pertanda materi perihal Kingdom animalia Maka dipertemuan kali ContohSoal.co.id akan pertanda materi perihal cnidaria beserta pengertian, manfaat, peranan, reproduksi dan cirinya. Nah untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.


Pengertian Cnidaria


id akan pertanda materi perihal cnidaria beserta pengertian Cnidaria


Cnidaria yaitu merupakan sebuah filum yang terdiri dari lebih dari 10.000 spesies binatang sederhana yang hanya ditemukan di perairan, kebanyakan lingkungan laut.


Dengan menurut sudut etimologi, Dimana kata Cnidaria berasal dari bahasa Yunani “cnidos” yang berarti “jarum penyengat”. Kemampuan menyengat cnidaria-lah yang merupakan asal nama mereka


Ciri-Ciri Cnidaria




  • Tubuh radial simetiris, Jika dipotong tubuhnya melalui sumbu tubuh maka akan mendapat beberapa bab yang sama.

  • Dinding tubuh memiliki lapisan sebagai berikut : Epidermis / luar, Mesaglea / tengah à non seluler, Gestroderain / dalam (Karena fungsinya sebagai perut)

  • Didalam dinding tubuhnya(epidermis) didapatkan Nematocyst sebagai sel jelatang /  penyengat.

  • Sistem akses masakan Gastrovascular dan Mroaplit

  • Mulut juga berfungsi sebagai anus

  • Sistem saraf à Diffuse

  • Hidupnya : Dilaut (kebanyakan) à teladan : Obelia dan Di air tawar (beberapa) à teladan : Hydra



Klasifikasi Cnidaria


Dibagi menjadi 3 kelas yakni:



  • Kelas Hydrozoa : kebanyakan hidup dilaut berkoloni, bentuk tubuhnya berupa polip dan medusa sedangkan anggota yang soliter bentuk tubuhunya hanya polip. Contoh : Hydra ( polip) dan obelia ( polip dan medusa)

  • Kelas Scyphozoa : Semua hidup di laut, bentuk mayoritas sebagai medusa ( melayang pada tubuh air). Contoh : Aurelia aurita ( ubur-ubur)

  • Kelas Anthozoa : Selama hidupnya berbentuk polipdan terdapat dilaut  yang sanggup menghasilkan kalsium karbonat ( CaCO3 ) terlihat mirip tumbuhan, teladan :  anemon maritim dan metridium sp.



Peranan Cnidaria


Pada dasarnya Cnidaria mempunyi perenanan yang sangat penting dalam membentuk terumbu karang yang berwarna-warni. Terumbu karang mirip ini menjadi habitat/tempat hidup banyak sekali jenis ikan sehingga membangun taman maritim yang indah untuk dipandang.


Salah satu Taman Laut yang populer ialahTaman Laut Bunaken yang mengelilingi Pulau Bunaken di bersahabat Kota Manado di Sulawesi Utara.


Kemudian ada juga yang sanggup dimanfaatkan untuk obat-obatan dari beberapa jenis cnidaria, contohnya akar bahar (rangkanya tersusun atas zat tanduk).


Batu karang dipakai untuk menciptakan landasan kapal terbang dan untuk menciptakan jalan. Corallium rubrum untuk pemanis berupa kalung dan cincin berupa manik-manik dan Euplexaura anthipathes untuk dibentuk gelang.




  • Sumber makan dan materi kosmetik. Contoh : ubur-ubur (aurelia sp.)

  • Sebagai obat anti kanker. Contoh : spons dari spesies  Petrosia contegnatta.

  • Membentuk terumbu karang



Daur Hidup Cnidaria


Bentuk medusa sanggup bergerak bebas melayang di air. Kemudin pada Coelenteratajug sanggup hidup bebas secara heterotrof dengan memangsa plankton dan binatang kecil di air.


Sebagaian besar hidup dilaut secara soliter atau berkoloni. Ada yang menempel pada bebatuan atau benda lain di dasar perairan dan tidak sanggup berpindah untuk bentuk polip, sedangkan bentuk medusa sanggup bergerak bebas melayang di air.

id akan pertanda materi perihal cnidaria beserta pengertian Cnidaria



Reproduksi Cnidaria


Dalam berkembangnya Coelenterata yakni terjadi secara aseksual dan seksual.Reproduksi aseksual dilakukan dengan pembentukan tunas.


Dalam tunas terdapat Coelenterata yang membentuk mirip polip.Yang mana tunas tersebut tumbuh di bersahabat kaki polip dan akan tetap menempel pada tubuh induknya sehingga membentuk koloni.



  • Cnidaria dalam bentuk polip menetap pada suatu kawasan dan tidak sanggup bergerak bebas. Dan ia memiliki kehidupan secara soliter (sendiri-sendiri), namun ada juga yang hidupnya berkelompok dan membangun suatu koloni yang menyatu lantaran bab suboralnya bersambungan satu sama lain. Sekilas, bentuknya mirip tumbuhan yang bercabang-cabang.

  • Cnidaria dalam bentuk medusa sanggup bergerak bebas atau. berenang, bentuknya mirip payung/lonceng. Medusa sanggup melaksanakan reproduksi secara seksual.

    Cnidaria dalam fase polip mengalami polimorfisme. yaitu merupakan beberapa bentuk berbecx yang dikendalikan secara genetika, tidak berkesinambungan dan tidak bersegregasi. Pol ip untuk makan disebut gastrozooid. Polip untuk perkembangbiakan disebut gonozooid. Polip untuk pertahanan disebut daktilozooid.



 


 


Demikianlah materi pembahasan kali ini perihal cnidaria, biar artikel kali ini sanggup bermanfaat bagi teman semua.


Artikel Lainnya :




Advertisement

Iklan Sidebar