'/> Kromosom

Info Populer 2022

Kromosom

Kromosom
Kromosom

Kromosom – Materi pembahasan kali ini yakni wacana kromosom, yang akan ContohSoal.co.id rangkum mulai dari pengertian, struktur, jenis, tipe dan bentuk kromosom manusia. Namun dipertemuan sebelumnya ContohSoal.co.id juga telah menandakan materi wacana Ribosom Nah untuk lebih jelasnya mari eksklusif aja simak ulasan dibawah ini.


Pengertian Kromosom


 Materi pembahasan kali ini yakni wacana kromosom Kromosom


Apa itu kromosom? Yah, kromosom yaitu merupakan suatu benda halus berbentuk ibarat benang yang tipis yang ada  di dalam setiap sel tubuh kita yang memiliki inti sel.


Kromossom pertama kali dikemukakan oleh W.Waldenger dan memiliki arti chroma yang  artinya warna dan soam yang artinya badan.


Maka rari kedua keterangan tersebut sanggup diambil kesimpulan bahwa kromosom yaitu sebagai tubuh halus yang berbentuk batang panjang atau pendek, lurus atau bengkok yang gampang menyerap zat warna.


Struktur Kromosom


Kemudian kromossom sel eukariota yakni terdiri atas materi kompleks yang disebut dengan kromatin. Pada kromatin sendiri  tersusun atas 27% DNA (deoxyribonucleic acid) dan 67% protein, dan 6% RNA (ribonucleic acid). Sepertiga penyusun kromosom yaitu DNA.


Protein didalam kromossom yaitu berupa histon, yaitu merupakan sebuah protein yang konsentrasi asam amino yang tinggi dengan gugus embel-embel (-NH2). Keberadaan histon ini ia menempel erat di DNA, yang membentuk subunit ibarat manik-manik pada rantai DNA yang disebut nukleosom.


Protein nonhiston pada kromossom lebih banyak mengandung asam amino gugus embel-embel (-COOH) daripada histon. Sebagian besar protein nonhiston bermetamorfosis enzim yang mengatalisis proses transkripsi dan replikasi asam nukleat.Enzim ini disebut enzim poimerase.


Struktur sebuah kromossom terdiri atas dua bagian, yakni:


Sentromer


Sentromer/kinetokor atau yang disebut juga dengan kepala kromossom. Didalamnya terdapat gen. Sentromer berfungsi saat pembelahan sel, yakni sebagai kawasan melekatnya benang-benang gelendong yang mengarahkan pembelahan sel.


Lengan Kromosom


Lengan kromossom yaitu merupakan sebuah tubuh dari kromossom itu sendiri. Disebut juga kromatid. Pada umumnya kromossom memiliki dua lengan yang dibatasi oleh sentromer. Dibagian lengan kromossom tersusun dariselaput (membran), kromonema, dan matriks.


Bentuk-Bentuk Kromosom


Dibawah ini terdapat beberapa bentuk-bentuk dari kromossom:


Kromosom Berdasarkan Letak Sentromer Terbagi Menjadi Empat Tipe

Metasentrik


Seperti apa tipe Metasentrik ini? Jadi, kromosom tipe metasentrik itu kromossom denagn letak sentromer itu persis di tengah atau disebut juga dengan V.

Akrosentrik


Tipe akrosentrik ini sentromernya letaknya lebih kepinggir lagi. Jadi, menampakkan ibarat abjad J.

Telosentrik


Pada tipe telosentrik ini, sentromernya letaknya dipinggir sehingga lengan kromosom itu hanya berjumlah satu. Sehingga, menampakkan bentuk ibarat abjad I.

Kromosom Berdasarkan Jumlah Sentromernya


Asentrik


Tipe asentrik yaitu tipe kromossom yang tidak memiliki sentromer.

Monosentrik


Tipe monosentrik yaitu kromossm yang hanya memiliki satu sentromer

Disentrik


Tipe Disentrik yaitu kromossom yang memiliki dua sentromer

Polisentrik


Tipe polisentrik yaitu kromossom yang memiliki banyak sentromer.

Jenis Kromosom


Pada semua sel insan yang hidup niscaya pasti memiliki satu set kromosom yang jumlahnya tertentu. Nah hal tersebut terdiri juga menjadi 2 jenis, pertama autosom (kromossom tubuh) dan gonosom (kromossom kelamin)




  • Autosom




Autosom disebut juga dengan kromossom tubuh/kromossom somatik. Autosom yaitu merupakan suatu kromossom penentu sifat-sifat sel tubuh (sel somatik) tetapi tidak berperan dalam memilih jenis kelamin suatu organisme.


Jumlah autosom dalam sel tubuh yaitu 2n-2, dimana n= jumlah seluruh kromossom. Dengan contoh, jumlah autosom sel tubuh insan yaitu 46-2= 44 atau 22 pasang.




  • Gonosom




Apa yang dimaksud dengan Gonosom? pada jenis ini sanggup disebut juga dengan kromossom seks/kelamin lantaran kromossom ini yang berperan dalam memilih jenis kelamin suatu organisme.


Pada orang yangn  berjenis kelamin pria memiliki krromosom X dan kromossom Y (XY), sedangkan untuk perempuan memiliki sepasang kromossom X (XX).


Bentuk Kromosom


Bentuk kromossom menurut letak sentromernya, kromossom dibedakan menjadi beberapa bentuk yakni ada kromossom yang memiliki satu lengan, ada kromossom yang memiliki dua lengan. Bentuk-bentuk dari kromossom ialah



  • Telosentrik: kromossom yang letak sentromernya di ujung kromoosom.

  • Akrosentrik: pada krromosom ini dimana sentromernya terletak mendekati salah satu ujung

  • Submetasentrik: krromosom yang letak sentromernya mendekati bab tengah kromossom

  • Metasentrik:Kemudian pada kromossom ini sentromernya terletak di tengah sehingga bentuknya ibarat abjad V


Jumlah Kromosom


Dalam setiap organisme terdapat jumlah kromossom yang bervariasi. Maka dari jumlah kromosom haploid tersebut yang terdapat pada banyak sekali organisme sanggup dilihat pada Tabel 3.2 di bawah ini.














































































































NoOrganismeJumlah Kromossom
1Manusia46
2Simpase48
3Kera48
4Kuda64
5Lembu60
6Keledai62
7Anjing78
8Kucing38
9Tikus Rumah40
10Tikus Sawah42
11Merpati80
12ayam78
13Kalkun82
14Katak26
15Ikan94
16Bintang Laut36
17Ulat sutra56
18Lalat rumah12
19Nyamuk6
20Cacing Tanah36





Nah Itulah tadi pembahasan materi wacana kromossom, supaya artikel kali ini sanggup menginspirasi dan bermnfaat bagi teman semua.

Artikel Lainnya :




Advertisement

Iklan Sidebar