'/> Rasi Bintang

Info Populer 2022

Rasi Bintang

Rasi Bintang
Rasi Bintang

Rasi Bintang – Materi makalah pembahasan kali ini mengenai rasi bintang beserta pengertian, macam, rangkaian, kontelasi dan daftarnya, namun dipertemuan sebelumnya kami telah membahas mengenai ciri-ciri bintang. Baiklah pribadi aja mari kita simak bersama penjelasannya dibawah ini.


Pengertian Rasi Bintang


 Materi makalah pembahasan kali ini mengenai rasi bintang beserta pengertian Rasi Bintang


Pada kelompok kumpulan dari bintang yang membentuk suatu pola tertentu dan letaknya juga berdekatan disebut Rasi Bintang ataupun Konstelasi Bintang.

Di belahan bumi selatan rasi yang terkenal, yaitu Rasi Pari/Gubug Penceng/Crux, Centaurus/Lanjar Ngirim, Argo, Rasi Canis Mayor, Rasi Virgo, Rasi Leo, dan Rasi Scorpio/Kalajengking. Di belahan bumi utara rasi yang terkenal, yaitu Rasi Lyra, Rasi Biduk/Ursa Mayor, Rasi Orion, Rasi Taurus, dan Rasi Pleyedes/ Lintang Wuluh/Bintang Tujuh.

Macam-Macam Rasi Bintang


Dalam memudahkan membaca nama dari rasi bintang yang banyak tersebut biasanya dipakai lambang huruf dari Yunani, maupun gejala astronomis untuk planet ataupun juga rasi bintang.

 Materi makalah pembahasan kali ini mengenai rasi bintang beserta pengertian Rasi Bintang


Adapun gejala astronomis ialah simak sebagai berikut.

 Materi makalah pembahasan kali ini mengenai rasi bintang beserta pengertian Rasi Bintang


Rangkaian Rasi-Rasi Bintang (Zodiak)


Rasi rangkaian ialah merupakan suatu lajur bulat rasi yang mepunyai lebar 160 terletak sepanjang ekliptika.Bulan dan planet besar serta matahari  berada di bulat zodiak ini. Adapun dari zodiak ini dibagi menjadi 12 bagian(tanda zodiak atau house), masing-masing tanda itu berjarak ± 300 dari tiap tanda zodiak(house) yang mempunyai nama yang sesuai dengan konstelasi bintang terdapat di daerahnya. Zodiak artinya gambar binatang-binatang kecil menyerupai berikut. Materi makalah pembahasan kali ini mengenai rasi bintang beserta pengertian Rasi Bintang



  1. Rasi Aries – Ram – bintang hamai

  2. Rasi auurus – Bull – bintang sapi jantan

  3. Rasi Gemini – Twins – bintang kembar

  4. Rasi Cancer – Crab – bintang mingkara

  5. Rasi Leo – Lion – bintang singa

  6. Rasi Kanya – Virgin – bintang mayang

  7. Rasi Libra – Scales – bintang neraca

  8. Rasi Scorpius – Scorpion – bintang kala

  9. Rasi Sagitarius – Archer – bintang pemanah

  10. Rasi Capricornus – Goat – bintang judai

  11. Rasi Aquuarius – Watter Bearer – bintang dawi

  12. Rasi Pisces – Fish – bintang hut


Konstelasi Bintang Penting




Ursa Mayor (Beruang Besar atau Biduk)


 Materi makalah pembahasan kali ini mengenai rasi bintang beserta pengertian Rasi Bintang


Pada bola antariksa di sebelah utara terdapat konstelasi bintang Ursa Mayor ,yang mana terdiri dari 7 buah anggota. Adapun penggunaan konstelasi bintang tersebut ialah untuk memilih arah utara, dengan cara menghubungkan bintang β Ursa Mayoris dengan bintang α Ursa Mayoris. Garis khayal ini kita teruskan hingga memotong horizon. Lalu lalu pada titik potong dari hasil garis ini dengan horizon itulah letak titik utara.

Crux  atau Southern Cross Materi makalah pembahasan kali ini mengenai rasi bintang beserta pengertian Rasi Bintang



Konstelasi Bintang Crux (Pari, Gubuk Menceng, Salib atau Southern Cross).Adapun penggunaan Konstelasi bintang ialah  untuk menemukan arah selatan, yaitu dengan cara menarik garis khayal antara bintang γ Cruxis dengan bintang α Cruxis. Garis khayal ini diperpanjang hingga memotong horizon. Adapun titik potong antara perpanjangan garis dengan horison inilah terdapat letak titik selatan.

Ursa Minor (Beruang Kecil)







 Materi makalah pembahasan kali ini mengenai rasi bintang beserta pengertian Rasi Bintang


Di utara ada sebuah konstelasi bintang yang rupanya hampir menyerupai Ursa Mayor, namun hanya bentuknya lebih kecil, disebut Ursa Minor. Kelompok bintang ini mempunyai 7 buah anggota. Yang mana Salah satunya ialah bintang α Ursa Minoris disebut juga bintang Polaris, alasannya yakni letaknya sempurna di atas titik Kutub Utara.Adapun kegunaan Polaris ialah semoga sanggup memilih suatu petunjuk arah utara dan mencari letak lintang serta memilih lebar geografis di sebelah utara equator. Misalnya, bintang Polaris tampak 400 di atas horison, maka tempat pengamatan tersebut terletak pada 400 LU.

Orion Materi makalah pembahasan kali ini mengenai rasi bintang beserta pengertian Rasi Bintang



Konstelasi bintang Orion sangat luas dan terang. Misalnya, α Orionis (Betelgues) dan β Orionis (Rigel). Di tengah-tengah kelompok bintang tersebut terdapat 3 buah bintang, yaitu:


  • δ Orionnis (atau: delta orionis)

  • ε Orionis (baca: epsilon orionis)

  • ζ Orionis (baca: zeta orionis).





Pegasus Materi makalah pembahasan kali ini mengenai rasi bintang beserta pengertian Rasi Bintang


Kuda Pegasus merupakan nama binatang mitologi Yunani atau kuda terbang. Yang mana berdasarkan ceritanya pada mitologi Yunani, Pegasus merupakan anak dari Medusa sehabis kepalanya dipenggal oleh Perseus. Kuda Pegasus mempunyai kiprah yang sangat penting bagi Dewa-Dewa di Olimpus, yakni membawa senjata petir milik Zeus, Dewa Petir sekaligus Raja Para Dewa.


Dapat kita lihat bentuknya hanya setengah badan kuda . Rasi bintang Pegasus nampak di belahan langit utara. maka apabila ingin menyaksikan rasi bintang ini,  anda harus mencarinya di langit bab utara.


Leo


 Materi makalah pembahasan kali ini mengenai rasi bintang beserta pengertian Rasi Bintang


Rasi bintang Leo digambarkan dengan wujud singa. Leo sanggup Quipperian lihat di langit sebelah utara. Seperti Cancer dan Hydra di sebelah baratnya, Kanya dan Coma Berenices di sebelah timurnya, Crater di sebelah utara, dan Leo Minor, Ursa Mayor, serta Lynx di sebelah selatannya masih bersandingan dengan rasi ini


Terdapat sebuah fakta yang sangat menarik pada bintang Leo ini ialah yang mana ia mempunyai 92 bintang. Kemudian dari jumlah yang ada tersebut  terdapat 13 bintang yang mempunyai  planet sendiri. Kumpulan bintang yang merupakan rasi terterang dalam susunan Leo ialah seperti, Alpha Leonis atau Regulus, Beta Leonis atau Denebola, Gamma Leonis atau Algieba, dan Delta Leonis ataus Zosma.


Pada lambang singa yang dijadikan lambang dari rasi bintang Leo kaitannya ada dengan mitologi Yunani. yang mana intinya singa itu mempunyai kulit yang sangat berpengaruh sehingga tidak sanggup dilukai.


Hydra


 Materi makalah pembahasan kali ini mengenai rasi bintang beserta pengertian Rasi Bintang


Pada kita saksikan yang mana bentuk dari rasi ini hampir  menyerupai ular yang panjang. Karena Ukurannya yang sangat panjang oleh alasannya yakni itu Hydra dinobatkan sebagai rasi bintang terbesar yang ada di langit bumi sebelah selatan. Yang kepal Hydra terdapat di sebelah selatan Cancer, sedangkan pada ekornya ada di antara rasi bintang Centaurus dan Libra.


Yang termasuk bab dari bbintang ini ialah bintang Alphard. Mungkin sehabis Mendengar nama itu tentu kau pribadi terasosiasikan dengan salah satu kendaraan mahal besutan Toyota, bukan? Anda benar, kendaraan beroda empat glamor mengambil nama dari bintang Alphard.




Daftar Rasi Bintang


Adapun pendapat para hebat astronomi modern bahwa mengenai rasi bintang telah diakui oleh International Astronomical Union (IAU) pada tahun 1992.


Berikut merupakan daftar rasi bintang tersebut:



  1. Andromeda

  2. Antlia

  3. Apus

  4. Aquarius

  5. Aquila

  6. Ara

  7. Aries

  8. Auriga

  9. Boötes

  10. Caelum

  11. Camelopardalis

  12. Cancer

  13. Canes Venatici

  14. Canis Mayor

  15. Canis Minor

  16. Capricornus

  17. Carina

  18. Cassiopeia

  19. Centaurus

  20. Cepheus

  21. Cetus

  22. Chamaeleon

  23. Circinus

  24. Columba

  25. Coma Berenices

  26. Corona Australis

  27. Corona Borealis

  28. Corvus

  29. Crater

  30. Crux

  31. Cygnus

  32. Delphinus

  33. Dorado

  34. Draco

  35. Equuleus

  36. Eridanus

  37. Fornax

  38. Gemini

  39. Grus

  40. Hercules

  41. Horologium

  42. Hydra

  43. Hydrus

  44. Indus

  45. Lacerta

  46. Leo

  47. Leo Minor

  48. Lepus

  49. Libra

  50. Lupus

  51. Lynx

  52. Lyra

  53. Mensa

  54. Microscopium

  55. Monoceros

  56. Musca

  57. Norma

  58. Octans

  59. Ophiuchus

  60. Orion

  61. Pavo

  62. Pegasus

  63. Perseus

  64. Phoenix

  65. Pictor

  66. Pisces

  67. Piscis Austrinus

  68. Puppis

  69. Pyxis

  70. Reticulum

  71. Sagitta

  72. Sagittarius

  73. Scorpius

  74. Sculptor

  75. Scutum

  76. Serpens

  77. Sextans

  78. Taurus

  79. Telescopium

  80. Triangulum

  81. Triangulum Australe

  82. Tucana

  83. Ursa Major

  84. Ursa Minor

  85. Vela

  86. Virgo

  87. Volans

  88. Vulpecula




Demikianlah bahan pembahasan mengenai rasi bintang beserta pengertian, macam, rangkaian, konstelasi dan daftar kali ini, semoga artikel ini sanggup bermanfaat serta sanggup menambah ilmu pengetahuan kita bersama.





Advertisement

Iklan Sidebar