'/> Planet Uranus

Info Populer 2022

Planet Uranus

Planet Uranus
Planet Uranus

Planet Uranus – Materi makalah pembahasan kali ini mengenai planet uranus beserta pengertian, sejarah, ciri, srtuktur dan faktanya, pada pertemuan sebelumnya kami sudah membahas mengenai Planet Mars. Baiklah eksklusif aja kita simak bersama ulasan dibawah ini.


Pengertian Planet Uranus


 Materi makalah pembahasan kali ini mengenai planet uranus beserta pengertian Planet Uranus


Planet Uranus diambil dan nama dewi langit dalam mitologi Yunani Kuno, yaitu Urania. Pertema kali yang menemukan planet ini ialah William Herschel ditahun 1782 dengan pertolongan teleskop di kebun belakang rumahnya di Bath, Inggris. Salah satu Planet yang terjauh dari Matahari. Yang man planet ini terdiri atas gas utama yang berupa hidrogen, metana, dan helium, serta mengandung es. Keadaan ini menciptakan Uranus masbodoh dan beku.

 

Adapun Planet ini mempunyai Jarak 2.870.000.000 km dari matahari dan mengelilinginya dalam satu kali lintasan selama 84,01 tahun. Uranus mempunyai diameter sekitar 50.100 km pada ekuator dan kepadatannya kita-kira seperempat kepadatan bumi. Sekali setiap 24 jam Uranus berotasi dmengelilingi sumbunya

 

Uranus mempunyai satelit yang berputar mengelilinginya dalam bidang datar equator planet, di antaranya yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon. Pada tahun 1977 pada andal menemukan 5 buah cincin, dan kini telah ditemukan ada 15 buah cincin yang mengelilingi planet ini. Kelimabelas cincin itu tipis dan sempit berukuran antara 9 hingga 100 km dan bewarna gelap.













Info Geografi!


Berbeda dengan planet lainnya, Uranus mempunyai poros yang sejajar dengan orbitnya sehingga kutubnya lebih panas dari sisi lainnya. Temperatur permukaannya mencapai 210oC. Atmosfernya mengandung hidrogen, helium, dan metana. Uranus mempunyai sembilan cincin dan lima satelit, yaitu Oberon, Tirtania, Umbriel, Ariel, dan Miranda.



Sejarah Penemuan Planet Uranus


 Materi makalah pembahasan kali ini mengenai planet uranus beserta pengertian Planet Uranus
planet uranus

Pada suatu malam yang mana pada  ketika itu tepatnya 13 Maret 1781, Herschel mengamati seluru bintang yang ada dalam rasi Gemini dengan sebuah teleskop reflektor 18 cm yang gres dibuatnya. Lalu kemudia secara tidak sengaja ia melihat sebuah bintang yang mempunyai bentuk lingkaran ibarat cakram dan berubah posisinya di antara bintang-bintang.

 

Herschel menyimpulkan bahwa bintang bergerak tersebut ialah merupakan suatu komet. dan kemudian para andal astronomi juga mengamati bintang tersebut dengan cermat, dan ahkhirnya  menyimpulkan bahwa benda langit yang gres tersebut yaitu planet, dan menyebut Herschel sebagai penemunya.

 

Pada awalnya Herschel memberi nama planet gres itu Georgium Titus (Bintang George) sebagai penghargaan kepada Raja Georgia III. Selanjutnya Johann Elert Bode yaitu andal astronomi Jerman, dia mengusulkan mengenai planet-planet lain diberikan nama daripada nama dewa-dewa kuno jaman dahulu, kesannya planet tersebut diberi nama Uranus.

Ciri-Ciri Planet Uranus


Secara umum, ciri-ciri planet atau karakteristik planet Uranus yaitu sebagai berikut.




















































Jarak Uranus ke matahari yaitu 2.870 juta km




Setahun di Uranus sama dengan 48 tahun di bumi




Satu hari di Uranus hanya 11 jam di bumi




Planet Uranus sumber rotasinya satu bidang dengan bidang revolusinya sehingga di Uranus tidak ada kawasan yang tidak menerima sinar matahari, ibarat di planet lain; kawasan Kutub Uranus akan mendapatkan sinar matahari, alasannya yaitu kutubnya (ujung sumbunya) menghadap searah dengan matahari; namun, alasannya yaitu jaraknya jauh dari matahari, di kutubnya mendapatkan panas dengan temperatur tetap rendah, yaitu 185oC)




Garis tengahnya yaitu 49.000 km




Rotasinya yaitu 10 jam 49 menit




Revolusinya yaitu 84 tahun




Berat jenisnya yaitu 1,26 (BJ air = 1)




Massa planet ini yaitu 14,6x massa bumi




Di khatulistiwa, sinar matahari jatuh tidak tegak lurus ibarat di bumi, tetapi dengan sudut lancip sehingga siang hari lamanya 36.000 hari Uranus, begitu pula malamnya




Mempunyai 27 buah satelit, di antaranya Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon




Struktur Planet Uranus


Struktur planet Uranus yang akan dibahas di sini mencakup atmosfer, Cincin planet, Medan magnet, iklim dan satelit planet Uranus. Berikut ini klarifikasi lengkapnya.

Atmosfer Planet Uranus


Atmosfer planet Uranus dibagi menjadi tiga lapisan yaitu sebagai berikut.

1. Troposfer: antara ketinggian -300 dan 50 km dan tekanan 100 hingga 0,1 bar.

2. Stratosfer: kisaran ketinggian antara 50 hingga 4.000 km dan tekanan antara 0,1 hingga 10 × 10-10 bar.

3. Termosfer/Korona: yang meluas dari 4.000 km hingga setinggi 50.000 km dari permukaan.

Secara keseluruhan, komposisi atmosfer Uranus terdiri dari hidrogen molekuler dan helium. Penyusun melimpah ketiga dari atmosfer Uranus yaitu metana (CH4). Metana mempunyai pita absorpsi yang berpengaruh pada cahaya tampak dan mendekati sinar inframerah sehingga menciptakan Uranus tampak bewarna hijau-biru.

Cincin Planet Uranus


Uranus mempunyai sistem cincin ibarat yang ditemukan pada planet Saturnus. Cincin Uranus tersusun dari pertikel yang sangat gelap, yang ukurannya bervariasi mulai dari mikrometer hingga sepersekian meter. Terdapat 13 cincin pada Uranus. Cincin yang paling terang dinamakan cincin ε (epsilon).

 

William Herschel mendeskripsikan kemungkinan keberadaan cincin pada Uranus sekitar tahun 1789. Namun, ia mewaspadai keberadaan cincin tersebut, hal ini dikarenakan cincin-cincin tersebut cukup redup hingga pada dua kurun berikutnya tidak satupun astronom sanggup mengamati cincin tersebut.

Medan Magnet Planet Uranus


Pengamatan Voyager mengungkapkan bahwa medan magnet Uranus cukup absurd alasannya yaitu tidak berasal dari sentra geometrik planet Uranus dan alasannya yaitu posisi Uranus miring 59o dari poros rotasi. Geometri yang tidak biasa ini mengakibatkan magnetosfer yang sangat tidak simetris, di mana berpengaruh medan magnet pada belahan selatan yaitu sekitar 0,1 gauss, sedangkan belahan utara sekitar 1,1 gauss.

Iklim Planet Uranus


Suhu planet Uranus lebih rendah jikalau dibandingkan dengan planet-planet raksasa lainnya. Suhu terendah yang tercatat di lapisan tropopause Uranus yaitu 49 K, sehingga menimbulkan Uranus sebagai planet terdingin dalam tata surya, bahkan lebih masbodoh daripad Neptunus yang jaraknya lebih jauh dari matahari.

Satelit Planet Uranus


Uranus mempunyai 27 satelit alam yang telah diketahui. Dan kemudian dalam penamaannya pada satelit ini yang mana dari abjad karya Shakespeare dan Alexander Pope. Adapun lima satelit utamanya ialah berjulukan Miranda, Ariel, Umbriel, Titania dan Oberon. Di antara satelit-satelit itu Ariel tampak mempunyai permukaan termuda dengan kawah paling sedikit. Sedangkan Umbriel tampak paling tua.

Fakta Menarik Tentang Planet Uranus


Berikut ini yaitu beberapa fakta yang mengejutkan mengenai planet Uranus ini, silahkan kalian simak baik-baik uraiannya.


  • Uranus Pernah Dikira Komet


Pada zaman dahulu, ketika pengamatan ke luar angkasa belum memakai alat yang secanggih masa kini, Uranus terlalu redup untuk diamati. Bahkan, awalnya Herschel mengira bintik tersebut ialah merupakan sebuah komet. Akan tetapi pada bebrapa tahun kemudian barulah dikonfirmasi bahwa penemuannya tersebut merupakan sebuah planet.


  • Uranus Selama Bertahun-Tahun Dikenal Sebagai Planet Georgian


Pada mulanya inovasi tersebut diberinama oleh , Herschel yakni Georgian Sidus hal tersebut bertujuan untuk menghormati Raja George III. Jadi, selama bertahun-tahun planet tersebut disebut Planet Georgian.  Astronom Johann Bode tidak oke dengan nama tersebut.


  • Sejak Penemuannya, Uranus Baru Mengalami 2 Kali Revolusi


Planet Uranus berotasi selama 17 jam 14 menit. Dengan kala revolusi 84 tahun dalam sekali mengelilingi matahari.Maka dalam hal itu sanggup disimpulkan bahwa sejak ditemukan pada 1781, Planet itu barulah mengalami dua kali revolusi penuh. Sekarang, Uranus tengah memasuki revolusinya yang ketiga.


  • Rotasi Uranus Serupa Dengan Venus


Sama ibarat Venus, Planet Uranus berputar dalam arah yang retrograde–berlawanan dengan cara Bumi dan sebagian besar planet lainnya berputar. Pada ketika 6 Planet dari Tata Surya berputar dari barat menuju ke timur, kemudian kedua planet tersebut berputar dari arah sebaliknya yaitu timur ke barat.


  • Uranus Disebut Raksasa Es


Uranus mempunyai hidrogen pada lapisan atas  adonan dengan helium ibarat raksasa gas lainnya. Di bawahnya yaitu lapisan es yang mengelilingi inti kerikil dan es. Atmosfer atas terbuat dari air, amonia, dan kristal es metana yang mengakibatkan warna biru pucat pada planet ini.


  • Semua Bulan (Satelit Alam) Uranus Dinamakan Dari Karakter fiksi


Seperti yang kita ketahuai bahwa planet ini mempunyai 27 satelit atau bulan, yang mana semuanya dinamai dari abjad fiksi dalam karya-karya William Shakespeare dan Alexander Pope. Di antaranya yaitu Oberon, Titania, dan Miranda.


  • Planet Termasif ke 4 Di Tata Surya


Dengan massa sekitar 8,6810 × 1025 kg (sekitar 14,5 Bumi), planet Uranus berada di bawah Jupiter, Saturnus dan Neptunus dalam hal massa.


  • Planet Terbesar Ke 3 Di Tata Surya


Yang mana ia mempunya diameter 25.559 ± 4 km ( 4 kali lebih besar dari diameter Bumi), Uranus ialah merupakan planet terbesar ketiga di bawah Jupiter dan Saturnus. Namun, ia kurang masif dari Neptunus, planet ini tidak terlalu padat.


  • Planet Terdingin di Tata Surya


Berdasarkan susunannya planet uranus merupakan planet ke-7 dari Matahari, yang mengorbit pada jarak 2,88 miliar km. Tapi planet ini masih erat ke Matahari dibanding Neptunus, yang mempunyai jarak rata-rata 4,5 miliar km dari Matahari. tetapi ada sesuatu yang absurd ihwal Uranus, yaitu planet ini benar-benar sangat dingin.


  • Uranus Hanya Dikunjungi Sekali


Hanya satu pesawat ruang angkasa dalam sejarah luar angkasa yang pernah melaksanakan pendekatan erat dengan Uranus. NASA Voyager 2 ketika melintasi Uranus pada bulan Januari, 1986, mendekat dengan jarak 81.000 km dari permukaan Uranus. Wahana itu mengambil ribuan foto Uranus beserta Bulannya kemudian melesat ke arah sasaran berikutnya: Neptunus. Tidak ada pesawat ruang angkasa lain yang pernah dikirim ke Uranus, dan tidak ada rencana untuk mengirim wahana ke planet itu. Makanya jangan heran kalau gambar planet Uranus hanya itu-itu saja.



Demikianlah bahan pembahasan mengenai planet uranus beserta pengertian, sejarah, ciri, srtuktur dan faktanya kali ini , biar artikel ini sanggup bermanfaat serta sanggup menambah ilmu pengetahyuan kita semua.



Advertisement

Iklan Sidebar