'/> Contoh Teks Perundingan – Pengertian, Kaidah, Unsur, Ciri Dan Strukturnya

Info Populer 2022

Contoh Teks Perundingan – Pengertian, Kaidah, Unsur, Ciri Dan Strukturnya

Contoh Teks Perundingan – Pengertian, Kaidah, Unsur, Ciri Dan
Strukturnya
Contoh Teks Perundingan – Pengertian, Kaidah, Unsur, Ciri Dan
Strukturnya

Contoh Teks Negosiasi –  Kali ini  bahan yang akan dibahas yakni mengenai referensi teks perundingan beserta pengertian, kaidah, jenis, bentuk, unsur, ciri-ciri dan strukturnya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.


Pengertian Teks Negosiasi


  Kali ini  bahan yang akan dibahas yakni mengenai referensi teks perundingan beserta pengerti Contoh Teks Negosiasi – Pengertian, Kaidah, Unsur, Ciri dan Strukturnya
Contoh Teks Negosiasi

Contoh Teks Negosiasi – ialah suatu acara dimana terjadinya tawar menawar antar pihak satu dengan pihak lainnya hingga mendapat akad bersama dari kedua pihak. Agar sanggup lebih memahami lagi mengenai referensi teks perundingan , berikut kami paparkan strukturnya.


Struktur Teks Negosiasi


Dalam sebuat teks perundingan biasanya terdapat tiga jenis struktur perundingan yaitu struktur perundingan umum, struktur perundingan jual-beli, dan struktur perundingan pengajuan/permohonan.


Struktur perundingan umum


hanya terdiri dari tiga unsur yaitu:


• Pembukaan yang berisi ucapan sala.

• Isi yang besisikan maksud.

• Penutup yang besiikan kalimat epilog menyerupai salam dan cuapan terimakasih.


Negosiasi jual-beli dan pengajuan/permohonan


mempunyai beberapa unsur yang memenuhi standar perundingan yang layak. Struktur ini dijadikan panduan ketika sesorang ingin melaksanakan sebuah perundingan atau menciptakan teks yang mengandung nilai negosiasi.


• Orientasi


Orientasi merupakan kalimat pembuka berupa ucapan salam dan ucapan terimakasih dikarenakan telah diberi kesempatan untuk melaksanakan negosiasi.


• Permintaan


Permintaan disini berarti penyampain maksud dan harapan yang ingin dinegosiasi kan. Atau dalam teks perundingan jual beli, permintaan disini berarti permintaan mengenai suatu hal, barang, jasa yang ingin dibeli.


• Pemenuhan


Pemenuhan disini dilakukan oleh pihak yang dimintai perundingan atau dalam perundingan jual beli, pemenuhan disini berarti kesanggupan penjual dalam memenuhi permintaan si pembeli.


• Penawaran


Penawaran merupakan titik puncak perundingan antara pihak kedua atau lebih yang besangkutan melaksanakan proses negosiasi.


• Persetujuan


Ketika selesai melaksanakan penawaran dan mencapai hasil final yang disepakati, gres kemudian melaksanakan persetujuan bahwa hasil final tersebut mutlak merupakan hasil bersama dan tidak ada pihak yang dirugikan.


• Pembelian


Adapun khusus untuk unsur pembelian dilakukan ketika melaksanakan perundingan dalam hal jual beli.


• Penutup


Berisi kalimat epilog menyerupai salam, permintaan maaf dan ucapan terimakasih juga.


Ciri Ciri Teks Negosiasi


Ada 3 ciri-ciri teks negisasi yakni sebagai berikut:



  • Dialog antatar kedua pihak

  • Terjadi dengan ekspresi maupun tulis

  • Bertujuan untuk menciptakan akad bersama dan kedua pihak sama-sama diutungkan satu sama lain.


Kaidah Teks Negosiasi



  Kali ini  bahan yang akan dibahas yakni mengenai referensi teks perundingan beserta pengerti Contoh Teks Negosiasi – Pengertian, Kaidah, Unsur, Ciri dan Strukturnya
Contoh Teks Negosiasi

Di dalam mengungkapkan atau menulis sebuah kalimat atau teks yang terkandung nilai perundingan tentunya ada kaidah kebahasaan yang harus diperhatikan. Kaidah ini mempunyai kegunaan untuk memperbaiki kalimat yang digunakan biar kalimat yang disampaikan terkesan sopan dan tidak mengundang sentiment orang yang mendengarkan. Berikut ialah bahasa yang harus digunakan dalam kalimat negosiasi:


• Menggunakan bahasa yang sopan dan santun serta bunyi yang sedikit direndahkan supaya terkesan bersifat rendah diri sehingga tidak memicu emosi pihak lain .


• Terkandung ungkapan yang terkesan membujuk/persuasif. fungsi biar perundingan yang dilakukan menarik dan menghipnotis pihak lain.


• Mengandung pasangan tuturan.


• Tidak menimbulkan kerugian kedua pihak atau semua pihak bila perundingan dilakukan oleh lebih dari 2 pihak pada akad final .


• Bersifat memenuhi hukum dan perintah atau kata lainnya bersifat terikat. Artinya final akad harus lakukan.


• Argumen yang disampaikan sedikit demi sedikit artinya tidak dikeluarkan dalam satu tempo waktu saja.


• Argumen yang disampaikan didasari pada fakta yang sanggup mengambarkan bahwa argumen tersebut benar dan sanggup dipertanggung jawabkan.


• Pihak lain dimintai alasan mengenai sebuah akad contohnya “mengapa baiklah /tidak baiklah dengan…..” dan “bagaimana jika…..”.


• Tidak diperkenankan menyela ketika pihak lain memberikan argumennya. Maknanya menyerahkan hak sepenuhnya ketika pihak lain memberikan argumennya.


Adapun obrolan yang dii dalamnya mengandung teks perundingan biasanya sudah familiar kita dengarkan dalam kehidupan bermasyarakat. Akan tetapi  terkadang kita kurang peka dalam mencari apakah kalimat itu  termasuk ke dalam teks negosiasi.


Agar lebih memudahkan dalam memahami bentuk, ciri serta penggunaan teks perundingan berikut disajikan beberapa referensi teks perundingan jual beli yang baik, larangan, bisnis, penyelesaian masalah, perundingan obrolan dalam lingkungan sekolah dan masyarakat.


Contoh Teks Negosiasi dalam Bentuk Narasi



  Kali ini  bahan yang akan dibahas yakni mengenai referensi teks perundingan beserta pengerti Contoh Teks Negosiasi – Pengertian, Kaidah, Unsur, Ciri dan Strukturnya
Contoh Teks Negosiasi dalam Bentuk Narasi

 

Contoh Teks Negosiasi dalam Bentuk Narasi

Di bawah ini merupakan referensi teks perundingan dalam bentuk narasi. Negosiasi antara Bu Asri dengan Penjual Sayuran Keliling


Ketika Pagi itu penjual sayuran keliling yang biasa mengelilingi kompleks perumahan dimana bu Asri tinggal datang. Bu Asri yang sudah berlangganan dengan kang sayur kemudian menghampiri dan mulai mencari sayur yang diperlukan. kemudian bu Asri mulai menentukan sayur dan beberapa lauk pauk yang diinginkan. Ketika hendak menentukan lauk yang akan dipilih antara ikan dengan ayam, bu Asri menanyakan kepada tukang sayur mengenai kualitas kedua jenis lauk mentah tersebut.


Tukang sayu tersebut menyampaikan bahwa ikan yang dibawanya. Tapi ayam potong yang dijual oleh tukang sayur itu gres disembelih tengah malam. Karena kualitas kesejukan ikan lebih baik daripada paha ayam maka bu Asri menentukan memilih membeli ikan. Namun ia ingat bahwa anak dan suaminya mempunyai alergi terhadap makanan maritim maka ia putuskan untuk membeli ayam.


Kemudian sehabis bu Asri tetapkan membeli ayam dan bercakap-cakap perihal kualitas dan gizi yang terkandung pada kedua jenis lauk itu, bu Asri mulai bertanyan berapa harga yang diberikan oleh tukang sayur itu. harga perkilonya ternyata dibandrol Rp.50.000-, Dan ikan dihargai Rp.45.000-,. Ibu Asri merasa harga tersebut terlalu mahal alasannya yakni biasanya lebih murah daripada dada ayam dan kondisi ayam yang disembelih semalam menciptakan kualitasnya menurun.


Adapun untuk harga ikan yang segar dipatok dengan harga dibawah harga ayam tersebut. Maka, bu Asri menawar paha ayam dengan harga Rp.35.000-, per kilogramnya. Tukang sayur itu tidak memberikannya dengan dalih alasannya yakni ia tidak memperoleh keuntungan bila ia menjual ayamnya dengan harga yang ditawar bu Asri. kemudian tukang sayur itu  memperlihatkan harga yang murah yakni Rp.45.000-,. Namun bu Asri masih merasa bila harga yang sudah diturunkan pun masih mahal bila dibandingkan dengan ikan.


Bu Asri kemudian menaikkan tawarannya menjadi Rp.40.000-,. Si tukang sayur menyetujui penawaran kedua bu Asri alasannya yakni ia merasa pada hargasudah termasuk modal dan laba. Disisi lain bu Asri juga merasa harga tersebutlah yang relevan alasannya yakni tingkat kualitas ayam yang melewati beberapa jam sehabis penyembelihan. Setelah menyepakati harga, bu Asri membayar seluruh sayur dan ayam yang dibelinya.


Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya



  Kali ini  bahan yang akan dibahas yakni mengenai referensi teks perundingan beserta pengerti Contoh Teks Negosiasi – Pengertian, Kaidah, Unsur, Ciri dan Strukturnya
Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya

 

Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya

Berikut ini yakni referensi teks perundingan beserta strukturnya. Disuatu pagi dihalaman parkir sekolah, seorang security sekolah menegur Bram alasannya yakni melaksanakan pelanggaran.


(Pembukaan)


Security : Selamat pagi nak Bram


Bram : Iya pak, selamat pagi


(Isi)


Security : Bram sudah mengetahuikan hukum sekolah yang mengharuskan mengenakan Helm dan menggunakan kendaraan yang mempunyai beling spion lengkap?


Adi : Iya pak, maaf saya tidak mengenakan Helm dan beling spion pada kendaraan motor saya tidak lengkap dikarena ini yakni motor abang saya dan motor yang biasa saya pakai dipinjamnya beserta helm saya untuk urusan mendadak tadi pagi buta. Jadi, saya terpaksa menggunakan motor kepunyaannya.


Security : Sebab melanggar salah satu hukum sekolah ini maka kau harus saya bawa ke ruang BK/BP dan menjelaskan kejadiannya disana.


Bram : Tetapi pak saya hari ini ada ujian matematika pagi dan ujian IPA sehabis itu. Bagaimana kalau kita tenang saja pak. Lagipula saya hanya melaksanakan pelanggarana sekali saja.


Security : Tidak sanggup nak Bram, ini sudah merupakan ketentuan sekolah. Kamu sanggup memperlihatkan alasanmu nanti dikala pelajaran selesai. Jika kau tetap tidak mau maka, sekolah akan mengirimkan surat panggilan orang tua.


(Penutup)


Bram : Baiklah pak, nanti sehabis ujian Ipa selesai saya akan melapor ke ruang BK/BP. Permisi pak, terimakasih.


Security : Iya sama-sama nak Bram.


Contoh Teks Negosiasi 3 Orang Jual Beli



  Kali ini  bahan yang akan dibahas yakni mengenai referensi teks perundingan beserta pengerti Contoh Teks Negosiasi – Pengertian, Kaidah, Unsur, Ciri dan Strukturnya
Contoh Teks Negosiasi 3 Orang Jual Beli

 

Contoh Teks Negosiasi 3 Orang Jual Beli

Di bawah ini merupakan referensi teks perundingan 3 orang jual beli. Pada suatu kawasan yaitu pasar tradisional kala itu seorang penjual jengkol menjajakan dagangannya.


Pembeli : Bu jengkol dagangannya tinggal tiga tangkai ya?


Penjual : Iya bu, gres saja tadi pagi habis diborong langganan.


Pembeli : Kalau begitu saya ambil semua ya bu, kebetulan saya akan memasak untuk tamu dari luar kota. Berapa total harga jengkolnya bu?


Penjual : Saya biasa menjual satu ikat jengkol dengan harga Rp.15.000-, jadi dikalikan tiga, totalnya Rp.45.000-,


Pembeli 1 : Apa tidak sanggup dikurangi ya bu harganya. Saya tawar Rp.10.000-, per ikat alasannya yakni penghabisan.


Penjual : Maaf bu, tidak bisa, saya beri harga Rp40.000-, saja semuanya.


Pembeli 2 : Bu kalau begitu biar saya saja yang membeli jengkol nya dengan harga Rp.15.000-, per ikatnya. Saya ingin dua ikat.


Penjual : Maaf bu, jengkol ini tidak saya jual untuk ibu alasannya yakni ibu ini telah menawar kepada saya terlebih dahulu.


Pembeli 2 : Saya tidak akan menawar dengan  harga yang ibu ajukan.


Penjual : Mohon maaf bu, tapi hukum tawar menawar slalu mengutamakan penawaran yang pertama.


Pembeli 1 : Baiklah bu kalau begitu, saya terima harga Rp.40.000, yang ibu berikan saya ambil semua ya.


Penjual : Terimakasih ya bu.


Pembeli 2 : Sama-sama.


Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik



  Kali ini  bahan yang akan dibahas yakni mengenai referensi teks perundingan beserta pengerti Contoh Teks Negosiasi – Pengertian, Kaidah, Unsur, Ciri dan Strukturnya
Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik

 

Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik

Berikut ini yakni referensi teks perundingan pemecahan konflik.


Tetangga gres pak Bedu yaitu pak Budi mempunyai perjuangan bengkel las didepan rumahnya. namu permasalahannya yakni alasannya yakni pak Bedu mempunyai bayi yang butuh istirahat pada siang hari. Suara bengkel pak Budi menganggu tidur bayinya pak Bedu.


Bedu : Selamat siang pak Budi, saya ingin menyinggung problem bunyi bengkel bapak yang mengganggu tidur siang anak saya.


Budi : Iya pak Bedu, saya minta maaf alasannya yakni pada perjuangan ini telah merusak kenyamanan bapak. Saya akan mengecilkan bunyi mesin saya dengan membeli mesin las terbaru . Kebetulan juga mesin ini sudah saatnya diganti alasannya yakni sudah tidak manis lagi. Saya ada sedikit saran , Agar bapak sanggup memindahkan bayi bapak ketempat yang agak jauh dari sumber suara.


Bedu : Iya pak, saya juga minta maaf dikarenakan telah menegur bapak menyerupai ini. baik pak nanti saya akan pindahkan anak saya ke kamar belakang. Terimaksih pak sudah memahami keadaan saya.


Budi : Sama-sama pak.


Demikianlah klarifikasi mengenai referensi teks perundingan kali ini, Semoga Artikel ini sanggup menambah wawasan serta pengetahuan dan pastinya bermanfaat untuk kita semua


Artikel Lainnya;




Advertisement

Iklan Sidebar