'/> Contoh Paragraf

Info Populer 2022

Contoh Paragraf

Contoh Paragraf
Contoh Paragraf

ContohSoal.co.id – Paragraf yaitu ? nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan, pada pertemuan sebelumnya kitda sudah membahas mengenai eksemplum. Materi pada kali ini akan kita bahas mengenai rujukan paragraf deskripsi, dedukti, narasi, argumentasi, eksposisi, persuasi dan induktif beserta pengertiannya. Untuk itu mari kita simak penjelasannya berikut ini.


Pengertian Paragraf


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Paragraf
Contoh paragraf

Menurut kamus besar bahasa indonesia paragraf ialah merupakan sebuah kepingan bagian dalam suatu karangan yang biasanya mengandung satu ilham pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru.


Dari definisi tersebut sanggup kita perjelas bahwa paragraf merupakan kepingan dari suatu karangan dan mengandung kalimat utama dan kalimat penjelas.


Pada tiap paragraf hanya mempunyai satu gagasan pokok saja dan sisanya yaitu kalimat penjelas atau rincian dari gagasan pokok tersebut.


Syarat-syarat Paragraf


Syarat yang harus kita penuhi. diantaranya;



  1. Kelengkapan. secara unsur dan struktur ibarat gagasan utama, kalimat utama, dan kalimat penjelas harus lengkap secara unsur dan struktur ibarat gagasan utama, kalimat utama, dan kalimat penjelas

  2. Kesatuan.Barulah sanggup dikatakan baik pada sebuah paragraf yang apabila mempunyai satu kesatuan antara gagasan utama dan kalimat penjelas dan saling terhubung satu sama lain secara utuh. Tujuannya yaitu biar suatu kalimat tidak nanggung.

  3. Kepaduan. antara kalimat satu dengan yang lainnya saling terangkai secara harmonis dan logis. Kata konjungsi biasanya terdapat pada kalimat yang mepunyai unsuir kepaduan didalamnya. Jenis konjugasi ada 2 yaitu anak kalimat dengan induk kalimat misalnya sehingga, tetapi, karena, biar dan sebagainya. Untuk jenis yang kedua yaitu antar kalimat misalnya oleh lantaran itu, namun, disamping, bahkan, jadi, kemudian, dan sebagainya.


Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Tujuannya


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Paragraf
Jenis Paragraf

Paragraf deskripsi



  • Pada jjenis ini biasanya terkait dengan suatu citra keadaan atau suatu kejadian dengan menggunakan kata-kata sehingga pembacanya seakan-akan sanggup merasakan, melihat, serta mengalami eksklusif kejadian tersebut.


Paragraf argumentasi



  • Pada paragraf ini yang yang mana berisikan cara meyakinkan para pembaca sampai pembaca sanggup mendapatkan gagasan dari sang penulis.


Paragraf persuasi



  • Jenis pada paragraf  ini yang berisikan bujukan guna mensugesti para pembaca supaya mengikuti pendapat dari sang penulis. Paragraf tersebut hampir sama dengan paragraf argumentasi.


Paragraf narasi



  • Jenis ini merupakan paragraf yang mengenai sebuah dongeng dilema atau suatu kejadian, sehingga para pembaca sanggup terhibur atau terharu atas kejadian yang sedang terjadi tersebut.


Jenis-Jenis Paragraf


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Paragraf
Jenis Paragraf

Contoh-Contoh Paragraf


simak berikut ini:


Contoh Paragraf Deduktif



  • Di jaman yang serba maju pada ketika ini Merk smartphone banyak sekali temui seiring bertambahnya perusahaan Teknologi yang berdiri. Begitu banyak mrek smartphone yang populer di eranya misalnya Samsung, Apple, Xiaomi dan Oppo. Walaupun banyak perkembangan pada kurun globalisasi ketika ini tidakla baik jikalau kita hanya menghamburkan uang hanya untuk kepuasan sesaat saja dengan membeli smartphone yang tidak kita butuhkan, belilah sebagai kebutuhan.


Contoh Paragraf Induktif



  • Sekarang zaman ini perkembangan game sangat pesat, kita mengenal game PS 4 ibarat GTA, PES, FiFA dan Game yang sanggup dimainkan di Smartphone. Bermain permainan semacam itu memang sangat mengasyikkan,grafiknya yang sudah mendekati konkret terlebih sanggup Online dengan teman lainnya.

  • Waktu demi waktu tak terasa kita karam dalam permainan tersebut. Berbeda waktu kita SD, mungkin kita hanya mengenal PS 1 dan grafiknya biasa-biasa saja atau permainan di hp yang cuma berukuran paling besar 1MB.


Contoh Paragraf Campuran



  • Dalam kehidupan ini kita tidak sanggup hidup tanpa udara. Udara merupakan sumber kehidupan di dunia ini selain air, silahkan kau coba bagaimana rasanya menahan nafas selama setengah jam, niscaya badan kita melemah dan mau pingsan.

  • Manfaat udara sangat banyak sekali, lantaran semua organ badan membutuhkannya ibarat otak,  jantung, kulit dan lainnya.


Contoh Paragraf Ineratif



  • Sudah hal biasa foto yang terpampang di media umum ibarat facebook, instagram, dan twitter yaitu foto anak SD bersama lawan jenisnya. Bahkan tak jarang juga foto mereka yang diupload di sosmed masih menggunakan seragam sekolah dan berada di kelas. Zaman kini anak SD semakin bejat saja. Tidak pernah mencar ilmu mereka ibarat anak jalanan yang tidak menerima sedikitpun pelajaran atau didikan orang bau tanah di sekolah maupun di rumah.

  • Hal ini kita sanggup mengindikasikan bahwa banyak anak seumuran  SD diberbagai tempat kurang mendapatkan perhatian orang tuanya. Orang bau tanah di sekolah maupun orangn bau tanah di rumah. Karena masih membolehklan membawa hp dan keluar dari pengawasan orang bau tanah mereka.”


Contoh Paragraf Narasi



  • Elsa pergi mencari kayu bakar di hutan, Pada suatu pagi yang sangat cerah ia tak sendirian lantaran ia pergi bersama sang Kakek. Dia berjalan pada suatu hutan yang lebat, ia mendengar suara-suara binatang yang nyaring. Namun ia takut lantaran itu pengalaman pertamanya untuk mencari kayu bakar di hutan.


Contoh Paragraf Persuasi



  • Masalah lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja namun kita sebagai masyarakat secara umum juga mempunyai tanggung jawab seutuhnya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kini sudah hampir kita rasakan  peristiwa melanda dimana mana malah tak sedikit korban yang terkena petaka tersebut Hal itu diakibatkan oleh kerusakan lingkungan ibarat banjir, tanah longsor, gempa, dan lain sebagainya. Maka lantaran itu marilah kita bersama menjaga lingkungan tetap sehat biar peristiwa tidak terjadi.


Contoh Paragraf Argumentasi



  • Pada smk 2 Kasih Bunda telah dinobatkan menjadi suatu sekolah terbaik di Indonesia. Banyak siswa berprestasi yang dicetak oleh sekolah ini.

  • Semau itu telah terbukti dan telah melahirkan serta mencetak juara-juara Olimpiade yang bermuara dari sekolah ini. Lebih dari itu, prestasi lain juga membanggakan selain di bidang akademik, ada bidang lain yang juga memperlihatkan prestasi ibarat olahraga dan kesenian.Prestasi yang cukup membanggakan tersebut tidak terjadi begitu saja, akan tetapi semua itu lantaran latihan dan kerja keras dewan guru dan juga pihak komite sekolah yang selalu berkomitmen untuk sanggup menghasilkan anak didik dengan lulusan unggulan.


Contoh Paragraf Deskripsi



  • Pantai Nusa Penida mempunyai tata keindahan alam yang menarik, khususnya bagi wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari kebisingan kota. Pohon-pohonnya rindang. Bentangan lautnya luas. Untuk semua pengunjung , pada kini ini Pantai Nusa Penida juga mengatakan keindahan ikan maritim yang sedang berenang. Agar sanggup selalu menjaga ekosistem kini pemerinta tempat Bali akan menata dan mengelola Pantai Nusa Penida sebagai tujuan wisata alternatif.


Demikianlah bahan klarifikasi pada kali ini, semoga artikel ini sanggup bermanfaat serta sanggup menambah wawasan kita semua


Artikel Lainnya:




Advertisement

Iklan Sidebar