'/> Contoh Naskah Drama : Perasahabatan, Anak Sekolah, Pendek Dan Panjang Lengkap

Info Populer 2022

Contoh Naskah Drama : Perasahabatan, Anak Sekolah, Pendek Dan Panjang Lengkap

Contoh Naskah Drama : Perasahabatan, Anak Sekolah, Pendek Dan Panjang
Lengkap
Contoh Naskah Drama : Perasahabatan, Anak Sekolah, Pendek Dan Panjang
Lengkap

Contoh Naskah Drama – Pada bahan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Contoh Hikayat. Namun Materi kali ini kita akan membahas mengenai Contoh naskah Drama persahabatan. anak sekolah, pendek untuk 4 – 5 orang. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya berikut ini :


Pengertian Naskah Drama


 Pada bahan sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Contoh Naskah Drama : Perasahabatan, Anak Sekolah, Pendek dan Panjang Lengkap
Contoh Naskah Drama

Apa itu Naskah drama- Seni sastra, yang akan menjelma seni drama kalau dimainkan. pada ketika mengadakan pertunjukan drama, Hal pertama yang diharapkan ialah naskah drama.


Jenis-jenis Drama


Dalam bentuk pembagian jenis drama, biasanya dipakai tiga dasar, yaitu : menurut penyajian kisah drama, menurut sarana, serta menurut keberadaan naskah drama tersebut.



  1. Tragedi, ialah drama yang bercerita perihal kesedihan.

  2. Komedi,Ialah bercerita yang penuh dengan kelucuan.

  3. Tragekomedi, ialah perpaduan antara peristiwa kisah drama dan komedi.

  4. Opera, merupakan drama yang dialognya dinyanyikan dan diiringi musik.

  5. Melodrama, ialah yang dialognya diucapkan dan diiringi oleh musik.

  6. Farce, ialah drama yang mirip dagelan, Tetapi bukan berarti drama iu dikatakan dagelan.

  7. Tablo, ialah drama yang banya menggunakan gerak, para pemainnya tidak mengucapkan suatu dialog, namun dengan melaksanakan banyak sekali gerakan.

  8. Sendratari, Ialah campuran drama dan seni tari.


Unsur-unsur Drama


Dibawah ini ada beberapa unsur-unsur drama :



  1. Tema merupakan inspirasi pokok atau sbuah gagasan utama dalam dongeng drama.

  2. Alur yaitu jalan dongeng dari pertunjukan drama dimulai pada babak pertama hingga babak terakhir.

  3. Tokoh drama terdiri dari tokoh utama dan pembantu. Tokoh utama dijuluki dengan sebutan primadona dan tugas pembantu disebut dengan figuran.

  4. Watak Ialah sebuah sikap yang diperankan oleh tokoh drama tersebut. Watak pratagonis ialah satu jenis tabiat dan pratagonis ialah berwatak baik. sedangkan tabiat antagonis merupakan tabiat yang jahat.

  5. Latar adalah citra tempat, waktu, serta situasi yang terjadi dalam kisah drama myang berlangsung.

  6. Amanat drama Ialah pesan yang disampaikan dari pengarang kepada penonton. Peasan yang ada pada drama sanggup disampaikan melalui tugas para tokoh drama tersebut.


Contoh Naskah Drama


Berikut ini ada beberapa Contohnya:


1. Contoh Naskah Drama Pendek



 Pada bahan sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Contoh Naskah Drama : Perasahabatan, Anak Sekolah, Pendek dan Panjang Lengkap
Contoh Naskah Drama

Akmal : Bila nanti lulus sekolah mau lanjut kuliah atau mau kerja ? Saat ini saya belum sanggup menunjukkan keputusan nih.


Reza : kalau harapan saya sih maunya pribadi cari kerja aja. Sebab saya sudah pusing memikirkan pelajaran lagi.


Akmal : Emang kau sudah ada pandangan mau kerja kemana? Nanti kalau cocok sanggup saya pertimbangkan.


Reza : iya mungkin saya memilkih pribadi cari ke perusahaan besar saja. Disisi lain nanti saya kan pribadi mendapat honor besar.


Akmal : iya sih, gotong royong saya pengen kerja tetapi dari pihak keluarga saya diduruh untuk kuliah. Bosen juga sih sebarnya kalau harus dihadapan buku terus.


Reza : itu sih terserah kau aja! Bila nanti kau sudah sanggup memutuskan untuk kerja segera hubungi saya ya !


Akmal : oke lah, tunggu jawabannya ya !


Keesok harinya mereka ketemu disekoalahan. Karena posisi mereka tidak satu kelas, maka dia pergi ekantin secara bersama-sama.


Reza : gimana gan, keputusannya ?


Akmal : Sudah saya pertimbangkan dengan keluarga. Aku ingin pribadi kerja saja, mirip katamu kemarin.


Reza : oke, sepakat kalau begitu nanti problem perusahaan yang didituju saya beri tahu menyusul saja.


Akmal : siap, terima kasih atas bantuannya. Semoga nanti kita sukses bersama-sama.


Reza : amin.


Setelah perbincangan setelai, bel berbunyi. Mereka  langsung masuk ke kelas kemudian berjabat tangan.


2. Contoh Naskah Drama Tentang Persahabatan


 Pada bahan sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Contoh Naskah Drama : Perasahabatan, Anak Sekolah, Pendek dan Panjang Lengkap

Pada beberapa waktu kemudian sejumlah siswa telah melaksanakan ujian sekolahan. Dalam tokoh ini sebut saja dengan nama Handoko. Merupakan murid teladan disekolahnya dan dia memiliki sahabat Dodi, Nikmah, dan Roni. Pada suatu hari dia dipanggil kepala sekolah untuk menghadap beliau.


Ketika dari ruang guru, Handoko terlihat riang , Pasalnya dia mendapat nilai Ujian Nasional yang bagus, Dan semua temannya pun mendapat nilai yang sama.


Handoko : “Akhirnya saya lulus!”

Dodi :Aku senang kita berempat lulus dengan nilai yang baik, Semuaini berkat keseriusan kita ketika mencar ilmu selama ini.


Nikmah :Itu lantaran mengorbankan banyak waktu untuk belajar.


Handoko : Roni kau ngelamunin apa (sambil menepuk pundak Roni lantaran semenjak awal ngelamun sendiri).


Roni : ,Sumuanya kita udah lulus Sekolah Menengah Pertama nih, Tentunya kita akan berpisah lantaran saya akan melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengan Atas di luar kota.


Dodi : Aku akan melanjutkan pendidikan diluar negeri, bagaiman dengan kau Nikmah?


Nikmah : Aku akan meneruskan ke pondhok luar kota, kalau kau kemna Handoko ?


Handoko : saya akan meneruskan ke Sekolah Menengan Atas favoit tunas muda yang ada di kota ini. Tidak terasa persahabatan ini kita rajut semenjak Taman Kanak-kanak hingga kini dan harus terpencar sendiri-sendiri (sambil meremurungkan muka).


Dodi :Setiap pertemuan niscaya ada simpulan dan itu terjadi pada kita sekarang. Bagaimanapun juga itulah hidup kita harus memikirkan masa depan kita. Mari kita saling memaafkan untuk menjalin silaturohmi ini menjadi yang baik.


Lalu keempat sampaumur itu saling bersalaman lantaran akan berpisah untuk sementara. Maka hasilnya mereka berempat memutuskan bahwa persahabatan ini akan terus berlanjut. Walaupun ada jarak diantara mereka,Sambil berharap Semoga suatu ketika ada waktu yang indah untuk ditemukan.


3. Contoh Naskah Drama 5 Orang 



 Pada bahan sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Contoh Naskah Drama : Perasahabatan, Anak Sekolah, Pendek dan Panjang Lengkap
Contoh Naskah Drama

Jenis Naskah ini ialah naskah drama yang didalamnya terdapat pecakapan seseorang yang berjumlah sebanyak lima orang.


Contohnya dibawah ini.


Andi : Dim kau punya proposal nggak, kita kan sudah selesai ujian. Masak tidak pengen liburan gitu !


Dimas : saya sih pengen banget. Tapi saya gak tau mau liburan kemana.


Burhan : Bagimana kalau kita bermain ke Telaga Sarangan saja. Disana tempat lezat lo, pemandangannya indah, suasanya asri dan banyak makanan khasnya.


Andi : Daerah mana itu?, Saya belum pernah mendengar nama tempat wisata itu.


Fadil : Itu nama Daerah kampung kau ya Bur ?


Burhan : iya dil, Itu sebuah wisata ternama yang ada di Magetan looh. Bahkan wisata itu sudah populer dimanan-mana. Biasanya pada hari libur selalu dipadati pengunjung, Dan Banyak wisatawan yang tiba dari banyak sekali daerah. Akhir-akhir ini turis dari luar juga berdatangan kesana.


Putri : wah kayaknya tematnya menarik tu, saya boleh ikut nggak ?


Fadil : tidak boleh. Kamu kan cewk masak ikut main sama cowok.


Putri : iyha sih, kalau gitu saya cari sahabat cewk juga ya. Nanti kan lebih banyak personil makin rame suasananya.


Andi : Baiklah saya mau kalau gitu,Namun yang paling penting nggak sendirian. Nanti kalau ada apa-apa kami yang repot.


Dimas :Aku ikut aja deh,Yang penting sanggup bermain bersama kalian semua. Agar sanggup membuang stress sesudah beberapa waktu ada dihadapan buku terus.


Andi : oke siip dah, saya sangat sepakat dengan inspirasi kalian semua.


Putri : terus acaranya kapan nih ?


Andi : kalau itu nyusul saja, yang penting fiks kan dulu anggota yang ikut siapa, sesudah itu kita tentukan waktunya.


Burhan : siap komandan, laksanakan.


4. Contoh Naskah Drama 7 Orang



 Pada bahan sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Contoh Naskah Drama : Perasahabatan, Anak Sekolah, Pendek dan Panjang Lengkap
Contoh Naskah Drama

Iwan : Bayu ada salah seorang sahabat kita yang sakit nih ! masak kita sebagi sahabat dekat nggak njenguk.


Bayu : Siapa lo yang sakit ? saya kok tidak tau ya !


Emil : wah kau tu gimana sih, sahabat dekat kok malah nggak tau. Yang sakit Reza, dia kena gejada demam berdarah.


Bayu : Maafkan saya belakangan ini saya banyak urusan . Makara kurang memperhatikan teman.


Erik : Ya saya setuju, kapan njenguknya ? Nanti usai pulang sekolah aja ya.


Iwan : iya itu lebih baik, Agar sahabat yang lain sanggup ikut ?


Ihsan : problem yang lain nanti saya kondisikan bray, pokok nanti sore jadi ya !


Bayu : kau emang cocok san. Terus kita bawa apa nih ?


Iwan : Iya nanti kita bawa buah-buahan aja gmna. Uangnya sanggup iuran sama-sama, semoga nggak keberan.


Ihsan : yaudah ayo mil kini kita informasikan ke teman-teman sekaligus kita data siapa saja yang mau ikut njenguk Reza.


Emil : Laksanakan ndan, Kita mulai dari kelas yang pojok dulu nanti semoga merata semua.


Mereka berdua memulai dari kelas yang paling ujung. Pada ketika itu kelas lagi free semua alasannya ialah habis menghadapi UN.


Danang : Ada apa ini kok rame-rame !


Ihsan : Salah satu sahabat kita ada yang sakit. kami mau memberi tau kalian dan ingin minta sumbangan seikhlasnya untuk membantu Reza yang lagi sakit.


Emil : ceileh lebay amat ya, Reza sedang lagi sakit tanda-tanda demam berdarah sejah satu ahad kemarin dia sudah tidak masuk sekolah.


Rizki : Sampaikan Salam saya buat kak Reza ya, semoga lekas sembuh dan sanggup bercanda bersama kita lagi.


Danang : oo iya, saya juga ya ! hehe


Ihsan : Insyaallah akan saya sampaikan salammu itu.


Setelah semuanya beres, dan terdata semua yang ikut njenguk Reza. Kemudian mereka menghitung hasil sumbangannya itu. Guna  membeli buah yang baik untuk kesehatan Reza.


Demikianlah pembahasan kali ini,Semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan sanggup menambah pengetahuan serta wawasan kita semua.


Artikel Lainnya:




Advertisement

Iklan Sidebar